Kalahkan Google Pixel, Kamera iPhone 8 Plus Terbaik Saat Ini

Beberapa hari lalu, iPhone 8 dan iPhone 8 Plus resmi meluncur dan diperjualbelikan pertama kali di Kota Sydney, Australia. Kabarnya, kamera milik duo ponsel terbaru Apple tersebut menjadi kamera terbaik saat ini dan mengalahkan Google Pixel. Meskipun setup kamera keduanya relatif tidak berubah dibandingkan pendahulunya, iPhone 7 dan iPhone 7 Plus.

iPhone 8 tetap mengusung sensor BSI 12 MP dan lensa f/1.8, sedangkan iPhone 8 Plus juga menggunakan sensor kamera tersebut, namun ditambah kamera 12 MP kedua yang dilengkapi lensa short-tele f/2.8. Tapi ternyata, Apple menerapkan perubahan terhadap kinerja kamera iPhone 8 dan iPhone 8 Plus. Perubahan ini membuat hasil jepretan duo smartphone tersebut menjadi lebih baik dibandingkan pendahulunya.

Menurut hasil uji DXO Mark, sebuah situs referensi untuk pengujian image quality perangkat digital terhadap iPhone 8 dan 8 Plus. Bahkan, mereka menobatkan keduanya sebagai smartphone berkamera terbaik yang pernah di uji dengan nilai skor total masing-masing sebesar 92 dan 94. Skor ini melewati raihan skor Google Pixel dan HTC U11 yang selama ini menempati di urutan teratas.

DXO Mark mengatakan bahwa Apple iPhone 8 Plus mempunyai kamera utama yang benar-benar layak untuk sebuah smartphone flagship. Sementara itu, parameter pengujian DXO Mark sendiri mencakup beragam aspek dari kemampuan digital imaging ponsel, kontras, flash, akurasi warna, exposure, dan video. iPhone 8 memegang skor tinggi di uji kualitas gambar bokeh dan zoom.

Artikel menarik:  ZTE Rilis Android dengan Layar Lipat Ganda

Selain itu, kemampuan akurasi pengenalan wajah dan HDR dari iPhone 8 dan iPhone 8 Plus yang tinggi patut diberi pujian. Namun, kelemahan dari kamera kedua perangkat tersebut ialah adanya color cast yang muncul di bawah pencahayaan artifisial dan beberapa kendala terkait autofocus.

Terlepas dari semua itu, nyatanya kehadiran iPhone 8 dan 8 Plus mendapatkan sambutan yang kurang menggembirakan. Biasanya saat peluncuran iPhone baru, Apple Store di Sydney selalu diramaikan ratusan orang calon pembeli. Namun sekarang, hanya ada kurang dari 30 orang yang menantri untuk debut penjualan iPhone 8 sebelum toko dibuka. Hal ini mungkin disebabkan iPhone 8 tak banyak berubah dari iPhone 7 dan juga jatuh dalam bayang-bayang iPhone X yang dirilis berbarengan pada 12 September 2017 lalu.