Berita

Kalahkan Apple & Fitbit, Xiaomi Jadi Raja Smartwatch

Dalam perhelatan akbar Worldwide Developers Conference (WWDC) 2017, Apple sempat mengklaim smartwatch besutannya menjadi nomor satu di dunia. Namun faktanya, mereka harus menelan kekecewaan karana dikalahkan oleh Xiaomi.

Kalahkan Apple & Fitbit, Xiaomi Jadi Raja Smartwatch

Hal ini dibuktikan dalam sebuah laporan kuartal pertama 2017 yang dirilis oleh IDC (International Data Corporation) yang menyebutkan bahwa merk Xiaomi menjadi Raja di dunia teknologi smartwatch. Perusahaan raksasa dari China tersebut telah menjual sekitar 3,6 juta unit jam tangan pintar di kuartal 2017 dengan pangsa pasar sebesar 14,7 persen. Produk yang dijual Xiaomi pun berbagai seri dan model smartwatch seperti Amazfit yang memiliki fitur GPS dan Rate Sensor.

Angka jumlah penjualan Xiaomi tersebut cukup menurun dari kuartal keempat tahun 2016 lalu yang mana mereka berhasil mengirimkan 5,2 juta perangkat ke seluruh pelosok dunia. Meskipun demikian, Xiaomi berhasil menggeser posisi Fitbit sebagai pemimpin smartwatch device dengan menguasai 14,7 % market share. Berbeda di tahun kemarin, vendor asal China tersebut menduduki posisi kedua.

Sedangkan merk Apple sendiri berada di posisi kedua yang sebelumnya naik dari perangkat ketiga di Kuartal 4 2016. Hasil perolehan Apple hanya berbanding sangat tipis dengan Xiaomi yang meraih 14,6 % market share. Namun hanya saja, tentunya Apple lebih mengeruk keuntungan yang besar daripada Xiaomi, karena smartwatch dari Cupertino AS tersebut mempunyai harga yang premium. Beda dengan Xiaomi yang sengaja menyasar pasar menengah ke bawah.

Artikel menarik:  Smartwatch ‘Murah’ dari TAG Heuer Seharga Rp 15 Juta?

Lalu bagaimana nasib Fitbit? Perusahaan yang berkantor pusat di San Francisco itu menurun dari posisi puncak ke peringkat ketiga. Vendor asal Amerika Serikat itu hanya menjual sebanyak 3 juta perangkat smartwatch. Hasilnya tersebut sangat jauh berbeda di tahun lalu yang mana Fitbit berhasil mengirimkan 6,5 juta jam tangan pintar ke seluruh dunia.

Adapun di posisi keempatnya di isi oleh vendor Samsung yang sukses menjual 1,4 juta perangkat dengan 5,5 % market share. Sedangkan di posisi kelima pasar smartwatch ditempati oleh Garmin dengan 4,6% market share karena mengirimkan 1,1 juta perangkat ke seluruh dunia.