[Kabar Burung] Tentang BBM 8 Dengan BBM Channels-nya

Blackberry secara resmi telah mengeluarkan versi update terbaru dari Blackberry Messenger (BBM) dari versi 7 ke versi 8 pada tanggal 27 November 2013 kemarin. Bagi Anda pengguna BB, iPhone maupun Android yang sudah menggunakan BBM sebelumnya tentu saja mendapatkan notifikasi update versi BBM ini di smartphone Anda. Versi lengkap dari BBM 8 adalah 8.0.0.94.

Tentang BBM 8 Dengan BBM Channels-nya

Fitur BBM 8
Pada halaman resmi aplikasi BBM 8 yang berukuran 5 MB itu, Blackberry menjanjikan desain baru (all new) yang membuat kinerja menjadi lebih cepat dan mudah. Sebuah fitur baru bernama BBM Channels juga disematkan dalam versi baru ini setelah lama mengalami test beta. Dengan bertambahnya BBM Channels, maka update feed akan semakin kaya dengan konten, yaitu update feed & update channels.

BBM Channels
BBM Channels merupakan sebuah forum dari pengguna BBM aktif seperti Facebook fans page. BBM Channels dapat berbentuk interaksi antar anggota, merek maupun komunitas. Setiap orang dapat membuat channel dan mengajak orang lain untuk turut serta berada dalam channel tersebut.

Sekilas BBM Channels mirip dengan BB Groups yang selama ini kita kenal. Hanya saja jumlah orang yang dapat bergabung tidak dibatasi (biasanya Group hanya mengijinkan hingga 30 member saja). Dengan demikian, BBM Channels dianggap dapat menggantikan fungsi Group di masa mendatang dan cocok bagi orang yang suka berjualan melalui BBM.

Artikel berhubungan:  Xiaomi Resmi Rilis Mi VR Cardboard

Kabar Burung Seputar BBM 8
Beredar brodcast diantara pengguna BBM bahwa BBM 8 tidak cocok untuk Blackberry dengan OS 4, 5, 6 dan 7. BBM 8 ‘terlalu berat’ untuk versi OS dibawah 8. Tentu saja berita ini tidak berpengaruh sama sekali terhadapat pengguna BBM di perangkat selain Blackberry.

Berita burung tersebut bisa jadi benar karena berdasarkan laporan dan review beberapa pengguna, BBM 8 memang berjalan dengan sangat pelan pada perangkat BBM ber-OS jadul. Jam pasir kerap muncul meski baterai telah dicopot dan melakukan restart berulang-kali.

Solusi untuk mengatasi permasalahan ini jika Anda sudah terlanjur melakukan update ke BBM 8 adalah dengan melakukan unistall BBM via BB App World dan menginstall kembali versi lama yang kebetulan masih tersedia. Tutorial lengkapnya dapat Anda simak melalui posting dibawah :

Cara Mudah Downgrade BBM 8 ke BBM 7

Kesimpulan
BBM 8 versi 8.0.0.94 dengan penambahan fitur BBM Channels hanya cocok untuk OS Blackberry 8 keatas. Kemungkinan beberapa bug akan diperbaiki dalam waktu dekat mengingat banyaknya keluhan yang disampaikan pengguna. Kemungkinan lain adalah perbaikan baru akan dilakukan pada versi BBM selanjutnya.

Semoga bermanfaat!