Jenis-Jenis RAM dan Fungsinya

RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory yang termasuk perangkat keras dan berguna sebagai penyimpan data, serta intruksi program yang akan atau sudah dieksekusi oleh prosesor. Penyimpanan RAM ini bersifat sementara karena setelah komputer dimatikan, RAM akan dikosongkan kemudian akan diisi data baru untuk saat komputer dinyalakan nanti. Namun, RAM bukan hanya satu jenis saja, melainkan banyak jenis-jenis RAM dan fungsinya yang perlu kamu ketahui.

Jenis-Jenis RAM dan Fungsinya
RAM sering disebut dengan memori utama yang berfungsi untuk mempercepat pemprosesan data pada komputer. Semakin besar kapasitas RAM yang dimiliki, maka semakin cepat pula kinerja komputer tersebut.

Selain itu, RAM juga berguna sebagai media penyimpanan ketika komputer atau laptop dalam keadaan hidup, karena jika PC dimatikan, maka data yang tersimpan dalam RAM pun akan hilang dan terhapus.

Berikut ini beberapa jenis RAM beserta kegunaannya:

1. DRAM
DRAM atau Dynamic Random Access Memory ialah jenis RAM semikonduktor yang membutuhkan kapasitor sebagai tumpuan untuk menyegarkan data yang ada di dalamnya. Jenis RAM ini mempunyai kecepatan lebih tinggi dari EDO-RAM, tapi lebih rendah dibandingkan SRAM.

Dalam strukturnya sendiri, DRAM hanya membutuhkan satu transistor dan kapasitor per bit, supaya memiliki kepadatan yang sangat tinggi. Selain itu, DRAM juga memiliki frekuensi yang beragam, yakni antara 4,77 MHz sampai 40 MHz.

Artikel berhubungan:  Tentang Baterai Blackberry High Capacity

2. SDRAM
SDRAM merupakan singkatan dari Sychronous Dynamic Random Access Memory yang memiliki kecepatan lebih tinggi dari DRAM. Bisa dikatakan jika SDRAM merupakan penerus dari DRAM. Jenis RAM ini sangat cocok dengan prosesor yang mempunyai kecepatan hingga 100 MHz.

3. RDRAM
RDRAM atau Rambus Dynamic Random Access Memory mempunyai kecepatan sangat tinggi. Jenis ini digunakan untuk komputer dengan prosesor Pentium 4. Bentuk RDRAM sendiri ialah Rate Inline Memory Modul dan memiliki kecepatan hingga 800 MHz.

4. SRAM
SRAM atau Static Random Access Memory ialah jenis RAM yang dirancang dari semacam semikonduktor yang tidak membutuhkan kapasitor sehingga tidak memerlukan penyegaran secara berkala sehingga kinerjanya lebih cepat. Tetapi SRAM mempunyai kelemahan, yaitu biaya produksinya mahal sehingga hanya terdapat dalam kapasitas kecil dan digunakan untuk bagian yang penting saja.

5. EDORAM
EDORAM merupakan singkatan dari Extended Data Out Random Access Memory yang kemampuannya lebih cepat dalam mentransfer dan membaca data dibandingkan dengan RAM biasa. Slot memori untuk EDORAM ialah 72 pin dan memiliki kecepatan lebih dari 66 MHz.