BloggingSeputar Tekno

Jenis-Jenis Hosting

Sobat Gaptex, sebagai sebuah layanan komputasi online berbasis server, layanan web hosting telah mengalami begitu banyak perkembangan dari sejak awal dipasarkan. Permintaan yang beragam dengan kebutuhan yang bervariasi telah membuat layanan hosting menjadi begitu banyak rupa. pada posting kali ini kita akan fokus membahas jenis-jenis hosting.

Jenis-Jenis Hosting

Jenis-Jenis Web Hosting

1. Shared Web Hosting
Merupakan jenis hosting dasar yang paling banyak diminati. Anda dapat menjalankan 1 hingga puluhan website menggunakan layanan ini. Rata-rata, shared hosting akan dijual bersama-sama dengan sistem support terpadu yang sangat membantu. Beberapa bahkan melayani online chat live selama 24 jam.

2. Reseller
Jenis hosting ini didesain khusus bagi Anda yang ingin memiliki perusahaan layanan hosting sendiri. Jika Anda ingin menjual layanan webhosting untuk mencari untung, maka jenis ini yang paling cocok untuk Anda. Meski demikian, reseller hosting juga bisa digunakan untuk kebutuhan non-commercial dengan kemampuan lebih dibandingkan paket shared.

3. VPS
Alasan utama membeli atau mengupgrade layanan hosting ke VPS (Virtual Private Server) adalah fleksibilitas yang ditawarkannya. Dengan memiliki VPS, Anda bisa menggunakan software apa saja yang Anda inginkan secara bebas. Konfigurasi Apache dan hal-hal lain juga dapat Anda pakai sesuai keinginan. Hal ini tentu tidak diperoleh dari paket SHARED. Selain itu, VPS juga merupakan solusi bagi Anda yang membutuhkan sumberdaya yang lebih, yaitu ketika SHARED hosting tak lagi mampu menampungnya.

Artikel menarik:  Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Adobe Audition

4. Dedicated Server
Merupakan tipe hosting paling powerful. Pemilik dedicated server diijinkan untuk menjual layanan hosting untuk memperoleh keuntungan, sama seperti reseller. Bedanya, Anda dapat memilih sendiri lingkungan server dan spesifikasi yang diinginkan. Dedicated server cocok untuk website dengan traffic yang banyak, diatas puluhan ribu per hari. Hampir seluruh website populer yang kita kenal menggunakan dedicated server sebagai layanan hostingnya.

Jenis Hosting Apa yang Cocok?
Jawabannya sangat tergantung dari kebutuhan yang Anda miliki. Jika Anda baru mulai, maka pilihan paling tepat adalah SHARED hosting. Jika Anda pengguna SHARED yang perlu melakukan upgrade dan telah mengenenal cara menggunakan VPS, maka silahkan pilih layanan tersebut. Jika Anda ingin berbisnis hosting, maka layanan yang pas adalah reseller hosting.

Cek 5 layanan hosting luar negri unlimited terbaik disini.

Semoga bermanfaat!