Jenis-Jenis Hardware Jaringan Komputer

Sobat Gaptex, jaringan komputer bisa dioperasikan dengan dukungan software dan hardware. Hardware jaringan komputer adalah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan dua komputer atau lebih agar terkoneksi satu sama lain untuk berbagi data. Seperti kita ketahui, jaringan komputer ada beberapa macam. Masing-masing jaringan komputer menggunakan hardware yang sama atau berbeda.

Jenis-Jenis Hardware Jaringan Komputer

Pada tulisan ini, kita akan membahas hardware yang biasa digunakan untuk membangun jaringan komputer.

1. Kabel Jaringan
Kabel jaringan merupakan perangkat yang berfungsi sebagai media penghubung antara dua hal di dalam jaringan komputer. Pertama, menghubungkan komputer dengan komputer. Dan kedua, menghubungkan komputer dengan perangkat lainnya. Ada tiga jenis kabel jaringan komputer yang digunakan, yaitu coaxial, twisted pair, dan fiber optic.

2. Modem
Modulator-Demodulator atau modem adalah perangkat yang menghubungkan kita dengan internet melalui telepon, kabel, dan layanan penyedia jasa telekomunikasi. Cara kerjanya, mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital. Atau dengan kata lain, modem mengganti sinyal digital dari komputer atau laptop menjadi sinyal analog ketika melewati saluran telepon, kemudian modem mengubah kembali sinyal tersebut menjadi sinyal digital menuju komputer atau laptop tujuan.

3. NIC
Dalam Bahasa Indonesia, Network Interface Card (NIC) dapat diartikan sebagai kartu jaringan. Istilah lain untuk NIC adalah ethernet card atau LAN card. Fungsinya adalah sebagai media penghubung antara satu komputer dengan komputer lain dalam sebuah jaringan komputer. Pada umumnya, NIC sudah terintegrasi dengan motherboard komputer dan laptop, namun ada yang berbentuk kartu dan ditancapkan ke slot motherboard. Yang terbaru, ada NIC yang berupa USB.

4. Konektor
Konektor adalah perangkat yang menghubungkan kabel dengan NIC. Tanpa adanya konektor, kabel jaringan tidak dapat disambungkan dengan NIC dan tidak ada aliran arus transmisi. Jenis konektor disesuaikan dengan jenis kabel yang digunakan, yaitu :
– Konektor BNC/T untuk kabel coaxial.
– Konektor RJ-45 untuk kabel UTP (twisted pair).
– Konektor ST untuk kabel fiber optic.

Artikel menarik:  5 Aplikasi Menggambar Digital di Android

5. Hub
Hub adalah perangkat yang digunakan untuk menyatukan kabel-kabel jaringan dari setiap work station, server, atau perangkat jaringan lainnya. Secara sederhana, hub merupakan media transmisi untuk menghubungkan beberapa kabel jaringan sekaligus. Perangkat ini memiliki colokan atau port dengan jumlah yang beragam, ada yang 8, 16, 24, atau 32. Biasanya, hub digunakan untuk membangun topologi bintang.

6. Switch
Secara fungsi, switch tidak jauh berbeda dengan hub. Namun demikian, cara kerja switch sedikit lebih rumit sekaligus memiliki kecerdasan lebih baik daripada hub. Switch digunakan untuk mengontrol sinyal listrik, sementara di sisi lain, switch juga menganalisa paket data atau informasi pada layer data link sebelum dikirim ke tujuan. Adapun paket data atau informasi yang dianalisa adalah MAC address dari perangkat dan komputer yang tersambung dengan switch.

7. Repeater
Repeater adalah perangkat yang digunakan untuk memperkuat sinyal di dalam jaringan komputer. Cara kerjanya, repeater menerima sinyal dari suatu segmen kabel LAN ke segmen LAN berikutnya, lalu memancarkan kembali dengan kekuatan yang sama dengan sinyal asli pada segmen kabel yang lain.

8. Bridge
Bridge memiliki fungsi yang sama seperti repeater, namun bridge lebih fleksibel. Bisa dikatakan, bridge termasuk perangkat canggih sekaligus cerdas jika dibandingkan hardware jaringan komputer lainnya. Perangkat ini dapat menghubungkan jaringan yang menggunakan metode transmisi berbeda, misalnya menghubungkan ethernet baseband dan ethernet broadband, ataupun menghubungkan topologi yang berbeda.

9. Router
Router adalah perangkat yang digunakan sebagai media penghubung antar jaringan komputer. Atau dengan kata lain, router berfungsi sebagai pengubung antara dua atau lebih jaringan komputer yang berbeda. Cara kerjanya, router membagi protocol kepada jaringan komputer lain, kemudian protocol tersebut di-sharing ke beberapa perangkat jaringan lain sekaligus.

Semoga bermanfaat.