iPhone SU dan iPhone FU, Begini Cara Membedakannya

Tak seperti berbagai tipe handphone atau smartphone lainnya, pada iPhone dikenal istilah SU (software unlock) dan FU (factory unlock). Kedua istilah ini terkadang terasa membingungkan mengingat kita sudah sangat terbiasa menggunakan hp yang tinggal colok kartu dan dipakai saja. Faktanya, 100% iPhone resmi yang hadir di Indonesia adalah iPhone jenis FU yang notabene tinggal colok simcard dan pakai saja. Msski begitu, kehadiran iPhone SU karena berbagai alasan yang masuk ke Indonesia dan datang langsung dari luar negri toh membuat populasi antara keduanya hampir seimbang.

Menggunakan iPhone SU tentu saja berbeda dengan tipe FU. Pada iPhone SU, diperlukan proses unlock agar menjadi FU sehingga dapat digunakan di tanah air. Meski sudah jelas perbedaannya, toh banyak pengguna yang masih bingung untuk membedakan antara kedua tipe tersebut. Nah, jika Anda masih bingung, berikut cara membedakannya :

1. Meski secara fisik serupa, iPhone FU adalah jenis yang sudah Unlock dari pabriknya sono. Sementara itu, iPhone SU dilock oleh operator ketika dijual di pasaran. Dengan demikian, iPhone FU bebas digunakan di negara mana saja menggunakan kartu apa saja, sementara iPhone SU hanya dapat digunakan pada operator bawaan aslinya.

2.  iPhone FU sudah pasti bisa digunakan tanpa bantuan software apa pun, tanpa jailbreak, tanpa oprek apapun. Sementara iPhone SU, jika mau digunakan haruslah diakali dengan menggunakan software, jailbreak atau proses unlock baik permanen maupun tidak permanen. Perlu diingat bahwa tidak semua iPhone SU dapat diunlock, hal tersebut berhubungan erat dengan carrier dan versi ios yang digunakannya.

Artikel berhubungan:  Resmi, Harga iPhone 5S Indonesia [Terlalu] Mahal

3. iPhone FU tentu saja harganya akan jauh lebih mahal dibandingkan dengan iPhone SU. Jadi jika ada orang yang menjual iPhone dengan iming-iming harga murah tetapi mengaku tipe FU, maka Anda perlu bertanya atau bahkan mengeceknya secara langsung.

4. Mengecek jenis iPhone dapat dengan mudah dilakukan melalui ‘model’ yang tertera di about. Cek di iphonefrom.com untuk melihat apakah ia berasal dari jenis yang FU atau SU. Gembok terkunci berarti SU sementara gembok terbuka berarti FU. Jika ingin lebih yakin lagi, Anda dapat melakukan cek imei secara komperhensif melalui tukang cek imei yang banyak tersedia di internet.

Apa pun itu, perbedaan paling mendasar dari iPhone FU dan SU terletak pada kemampuannya digunakan menggunakan kartu sim operator mana saja yang ingin dipakai.

So, sudah tidak bingung lagi kan membedakan kedua jenis iPhone itu?