BeritaiPhone

iPhone Akan Gunakan LiFi Sebagai Pengganti WiFi

LiFi atau Light Fidelity, yaitu sebuah jaringan nirkabel untuk sistem komunikasi yang menggunakan cahaya sebagai medianya. Seperti yang kita ketahui bahwa selama ini kita menggunakan WiFi (Wireless Filedity) yang menggunakan frekuensi radio konvensional. Nah LiFi ini digadang-gadang akan menggantikan teknologi WIFi karena berdasarkan hasil uji coba menyatakan bahwa kinerja Lifi berkali-kali lebih cepat daripada WiFi.

iPhone Akan Gunakan LiFi Sebagai Pengganti WiFi

Selain itu, LiFi menggunakan pencahayaan LED yang merupakan semi konduktor dengan sifat yang berbeda dari jenis lampu lain. Sifat dan ciri itulah yang membuat LED mampu beralih on off dalam beberapa nanodetik atau miliar detik.

Teknologi LiFi memang terbilang masih dalam proses pengujian oleh sejumlah pihak. Namun, Apple nampaknya sangat tertarik dan melangkah lebih jauh dari para pesaingnya. Dan itu terbukti dari wacana Apple untuk membenamkan teknologi tersebut pada perangkat iPhonenya.

Apple tak hanya asal berencana saja. Anda dapat melihat langkah mereka dengan menelusuri beberapa baris kode di iOS 9.1, yang menuliskan kemampuan terhubung ke dalam jaringan LiFi. Memang sebelumnya, ketertarikan perusahaan ternama itu pada teknologi LiFi dapat dideteksi pada saat mereka mendaftarkan sebuah paten di tahun 2013 lalu. Pada saat itu Apple mendaftarkan paten yang bisa jadi merupakan transmiter LiFi.

Artikel menarik:  G7X Mark III, PowerShot Pertama Canon Berkemampuan 4K?

LiFi sendiri memiliki keunggulan yang membuat Apple tertarik untuk menggunakannya. LiFi dapat memudahkan penggunanya untuk mengakses internet dimana saja bahkan pada wilayah terpencil sekalipun yang tak dapat dijangkau oleh kabel optik. LiFi juga mampu mengontrol kondisi lalulintas dengan cara menempatkannya pada LED mobil. Begitu pula halnya untuk pesawat, fungsi teknologi ini dapat diterapkan pada lampu overhead pesawat. LiFi mampu mengurangi polusi elektromagnetik yang selama ini banyak dihasilkan oleh gelombang radio.

Namun, selain memiliki banyak keunggulan, teknologi baru ini juga memiliki kelemahan. Teknologi LiFi tidak dapat digunakan di luar ruangan yang terkena sinar matahari, karena akan mengganggu transmisi sinyalnya.

Apakah Apple benar-benar siap membenamkan teknologi LiFi pada perangkat iPhone mereka? Jika benar, tentu iPhone akan semakin diminati oleh pecinta gadget didunia.