Intel Segera Luncurkan Chipset Kaby Lake

Dalam event Computex di Taiwan beberapa waktu lalu, Intel mengumumkan bahwa prosesor terbarunya akan segera rilis pada pertengahan tahun 2016. Chipset yang diberi nama Kaby Lake tersebut kabarnya akan melenggang ke pasar sekitar bulan Juli. Namun baru-baru ini, Intel kembali memberitahukan bahwa rencana launching chipset teranyar tersebut akan dilakukan jelang akhir Oktober 2016. Bersamaan dengan itu, Intel juga hendak meluncurkan chipset Cannonlake setahun kemudian atau pada kuartal ketiga tahun 2017.

Intel Segera Luncurkan Chipset Kaby Lake

Isu yang beredar saat ini, Intel Kaby Lake akan launching antara pekan ke-33 dan ke-45 atau sekitar bulan Agustus hingga November tahun 2016 ini. Rencana yang dimaksud sesuai dengan launching chipset sebelumnya yakni Skylake yang dilakukan pada Oktober 2015. Intel Kaby Lake akan menjadi chipset berukuran 14 nm ketiga yang masuk ke pasar teknologi, setelah Broadwell dan Skylake. Varian ini bisa dikatakan sebagai penegasan Intel terhadap inovasi prosesor yang tidak hanya cepat dan stabil, tetapi juga dengan desain minimalis.

Kaby Lake boleh dikatakan selangkah lebih maju daripada Skylake. Sejumlah fitur yang ditawarkan antara lain desain SOC, support Thunderbolt 3, dan dalam hal display engine. Dalam hal kecepatan, Kaby Lake memiliki base clock 3.6 GHz yang dapat mencapai 4.2 Ghz dengan fitur Turbo Clock. Kaby Lake juga dilengkapi L2 Cache 256 KB dan L3 Cache 8 MB. Jika dibandingkan dengan Skylake, kecepatannya memang sedikit lebih rendah. Akan tetapi, Kaby Lake kabarnya mampu menghadirkan Thermal Design Power yang lebih rendah.

Artikel menarik:  Meluncur Sebentar Lagi, Apa Saja Spesifikasi Redmi Note 5?

Peningkatan lain yang dilakukan Intel terhadap chipset generasi ketujuh ini adalah fitur Windstorm Peak yang meliputi penggunaan Wi-Fi dan Bluetooth. Fitur ini akan mengganti Snowfield Peak yang sebelumnya terdapat pada Skylake. Di samping itu, Kaby Lake menawarkan fitur baru untuk koneksi LAN yang dinamakan Alpine Ridge dan Jacksonville. Fitur-fitur tersebut menjadikan Kaby Lake memiliki lebih banyak PCIe lane dan kapasitas penyimpanan lebih besar.

Launching chipset Intel Kaby Lake akan bertepatan dengan rilis Redstone 2 untuk Windows 10 dan rilis PC tablet flagship Microsoft Surface 5. Belum ada kabar yang memastikan bahwa Microsoft akan menggunakan Intel Kaby Lake pada seri Surface Book laptop miliknya.