BeritaSeputar Tekno

Ini Teknologi Google yang Akan Mengubah Dunia!

Sebagai raksasa teknologi nomor satu di dunia, Google terus melakukan berbagai inovasi. Seperti yang kita ketahui, Google tidak hanya dikenal sebagai mesin pencari, tetapi juga memiliki banyak cabang anak perusahaan. Melalui kekuatan tersebut, Google dikabarkan tengah mempersiapkan 7 teknologi yang dapat mengubah dunia.

Ini Teknologi Google yang Akan Mengubah Dunia!

Sejumlah teknologi yang dimaksud adalah sebagai berikut :

1. Project Loon
Project Loon adalah teknologi balon udara yang bertujuan untuk menyebarkan akses internet ke seluruh dunia, terutama ke daerah-daerah pelosok. Menurut rencana, balon udara akan diterbangkan dengan ketinggian antara 60.000 sampai dengan 90.000 kaki dari permukaan tanah. Ketinggian ini dua kali lipat jika dibandingkan dengan pesawat terbang. Lebih lanjut, balon udara akan ditenagai energi matahari sehingga mampu mengudara selama kurang lebih 100 hari. Ketika diterbangkan itulah, balon udara akan mengirimkan sinyal internet ke daerah-daerah yang dilaluinya.

2. Project Titan
Project Titan tidak jauh berbeda dengan Project Loon, yaitu sama-sama bertujuan untuk menyebarkan akses internet ke penjuru dunia. Hanya saja, media yang dipakai berbeda. Project Titan rencananya akan menggunakan drone atau pesawat terbang tanpa awak. Drone yang akan dinamakan Titan Aerospace Solara 50 ini bisa terbang selama 5 tahun secara nonstop. Energi yang digunakan sama-sama tenaga surya yang akan diserap melalui panel yang terpasang di sepanjang rentang sayap drone. Google diperkirakan mampu menyebarkan internet kepada sekitar 4 miliar orang di dunia.

3. Makani Power
Makani Power adalah sejenis layang-layang yang bisa menciptakan energi terbarukan. Makani Power disebut juga layang-layang energi yang berupa pesawat dengan rotor. Rotor tersebut akan menerbangkan layang-layang dan berubah fungsi menjadi turbin. Energi yang dihasilkan mencapai 50 persen lebih banyak dan 90 persen lebih hemat daya jika dibandingkan turbin konvensional. Teknologi ini dikembangkan oleh anak usaha yang bernama Google X.

Artikel menarik:  Mengenal Lebih Jauh Visual Basic

4. Mobil Autonomos
Mobil autonomos adalah mobil yang dapat berjalan sendiri tanpa pengemudi. Mobil ini kabarnya dapat menyelamatkan jutaan orang di dunia, sebab berdasarkan data global, sebanyak 1,24 juta orang di dunia meninggal akibat kecelakaan mobil setiap tahun. Google dianggap mampu mengurangi angka kecelakaan di jalan raya dengan adanya mobil autonomos. Menurut survei, jika 90 persen mobil adalah autonomos, angka kecelakaan di Amerika Serikat bisa turun dari 6 juta menjadi 1,3 juta per tahun.

5. Pil Kanker dan Penunda Kematian
Pil pendeteksi kanker juga diteliti oleh anak usaha Google X. Tim peneliti sedang berupaya mengembangkan partikel magnetik yang bisa melakukan kontak dengan sel, protein, dan molekul organik lainnya di dalam tubuh manusia. Perusahaan juga tengah mengembangkan wearable device yang akan memanfaatkan partikel magnetik untuk mendeteksi adanya sel kanker di dalam tubuh sehingga dapat dilakukan penanganan sedini mungkin.

Sementara itu, Calico atau California Life Company yang merupakan anak perusahaan Google lainnya, tengah melakukan penelitian tentang gen makhluk hidup. Melalui penelitian ini, Google diharapkan mampu memperpanjang usia manusia, bahkan menunda kematian seseorang. Belum banyak informasi lebih lanjut yang beredar mengenai teknologi yang satu ini.

Semoga bermanfaat.