Ini Perbedaan Windows Vs Linux Hosting

Sobat Gaptex, web hosting berdasarkan sistem operasi dapat dibedakan menjadi 2 jenis, Linux dan Windows. Kedua jenis hosting ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Cara dan tujuan penggunaan pun berbeda sehingga Anda perlu mengenal lebih jauh mengenai keduanya.

Ini Perbedaan Windows Vs Linux Hosting

Linux Hosting
Linux merupakan ‘raja’ di dunia web hosting. Web hosting berbasis Linux merupakan yang paling populer dan banyak digunakan saat ini. Berikut beberapa kelebihan Linux hosting dibandingkan Windows Hosting :
– Linux gratis sehingga hosting Linux jauh lebih murah dibandingkan Windows Hosting.
– Linux mendukung berbagai bahasa script, seperti PHP, Ruby on Rails, Perl, Python dan lain sebagainya. Sementara Windows hosting memiliki keterbatasan pada bahasa script yang bisa digunakan.

Meski sarat kelebihan, tentu saja Linux hosting juga memiliki kekurangan, salah satau kekurangan yang cukup vital adalah kurang mendukung ASP dan .NET. Meski tersedia software bernama Chilisoft ASP dan Apache, sejatinya Linux hosting tidak mendukung APS dan .NET secara baik.

Windows hosting
Banyak orang berpikir membutuhkan hosting berbasis Windows karena komputer yang mereka gunakan sehari-hari adalah Windows. Padahal tak begitu cara berpikirnya. Windows server sejatinya sangat berbeda dengan OS Windows di PC. Salah satu kelebihan Windows Hosting adalah dukungannya kepada ASP dan .NET. Belakangan, kedua script ini cukup populer dan banyak digunakan.

Artikel berhubungan:  Pengertian Linux

Kekurangan Windows Hosting :
– Windows hosting tidak sepopuler Linux hosting sehingga pilihan layanan tak terlalu banyak.
– Windows hosting pada umumnya akan lebih mahal dibandingkan Linux hosting. Perbedaan harga ini terkadang terpaut cukup jauh.

Persamaan Windows vs. Linux hosting
– Performa : Kedua paltform menawarkan kecepatan dan effisiensi yang seimbang.
– Stabil : Meski sebelumnya Windows hosting kalah stabil jika dibandingan Linux hosting, saat ini kemampuan keduanya dalam hal stabilitas dianggap sejajar.
– Mudah digunakan : Keuda platform mendukung penggunaan yang mudah melalui control panel atau sistem FTP

Mana yang cocok untuk Anda?
Windows vs. Linux Hosting, pilihan sangat bergantung pada maksud dan tujuan Anda membeli hosting. Jika ingin digunakan untuk script ASP atau .NET, maka Anda sepenuhnya harus memilih Windows hosting. Sebaliknya, jika penggunaan untuk script lainnya, maka pilihan Linux hosting merupakan yang paling bijaksana. Selain dukungan dan informasi yang berlimpah ruah mengenai Linux hosting, Anda juga dijamin akan menghemat isi kantong.

Semoga bermanfaat!