Ini Penyebab Situs KPU Kerap ‘Down’

Menjelang pengumuman pilpres besok (22 Juli 2014), situs resmi KPU yang beralamat di www.kpu.go.id bertambah sering mengalami down. Peristiwa downtime ini sebenarnya sudah dimulai sejak beberapa waktu lalu ketika proses rekapitulasi suara mulai dilakukan pasca pencoblosan 9 Juli 2014.

Ini Penyebab Situs KPU Kerap 'Down'

KPU.GO.ID Jadi Sasaran Serang
Menurut security dan infrastruktur IT KPU, situs KPU mengalami penyerangan yang semakin intensif dan masif. Serangan bertubi-tubi datang setiap waktu dengan berbagai macam teknik yang ada. Tentu saja tujuan utamanya adalah meretas dan membobol situs yang kini menjadi sorotan seluruh publik tanah air.

Meski demikian, di sisi lain, KPU dinilai tidak responsif dan tanggap menyikapi serangan-serangan tersebut. Tentu saja, dalih yang paling ‘manjur’ digunakan adalah urusan keterbatasan anggaran dan sumber daya. Padahal, anggaran yang digunakan oleh KPU sudah cukup besar, asalnya pun dari kas negara yang seharusnya dipergunakan dengan baik. Alih-alih menjaga stabilitas situs penting tersebut, KPU malah beranggapan hal tersebut wajar terjadi.

Artikel berhubungan:  Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android

Jadi kesimpulannya, ada 2 penyebab situs KPU kerap down, yaitu serangan masif dari luar yang seharusnya bisa dihalau dan sikap KPU sendiri yang tidak terlalu ‘serius’ mejaganya. Dalam ilmu IT, serangan-serangan ‘online’ adalah sesuatu yang biasa. Dengan konsentrasi penuh, tak ada jenis serangan yang tak bisa dipatahkan.

Hingga saat ini, disebutkan bahwa antisipasi tetap dilakukan oleh tim, disokong oleh sejumlah relawan untuk mengamankan sistem IT KPU semaksimal mungkin.

Semoga sukses, KPU!