Ini Kata Google Soal Hilangnya Palestina

Menanggapi berbagai reaksi yang muncul terkait hilangnya Palestina dari Google Maps, raksasa teknologi dari Paman Sam tersebut akhirnya angkat bicara (10/08/2016). Google mengatakan bahwa sejak awal memang label Palestina tidak ada di Google Maps. Selain itu, menurut juru bicara Google yang tak mau disebutkan namanya, ada bug yang menyebabkan label Jalur Gaza dan Tepi Barat turut menghilang. Google mengakui pihaknya tengah berupaya agar label tersebut kembali seperti semula.

Ini Kata Google Soal Hilangnya Palestina

Secara historis, Google Maps diluncurkan pada 8 Februari 2005. Jika dikatakan bahwa Palestina memang tidak pernah ada sejak pertama kali layanan Google Maps dirilis resmi, artinya sudah sekitar 11 tahun tidak ada Palestina di peta digital milik Google ini. Dengan kata lain, Google menyatakan belum pernah memberikan label Palestina sebagai sebuah negara. Alasan tersebut dianggap belum memuaskan karena Google tidak menjelaskan lebih rinci mengapa hal itu dilakukan.

Pada kolom “Quick Facts” yang terdapat di Google Maps, disebutkan bahwa Palestina adalah sebuah negara di wilayah Timur Tengah yang diakui 136 negara anggota PBB sejak tahun 2012. Oleh karena itu, terasa janggal apabila hingga hari ini tidak ada label Palestina yang merupakan informasi sebuah negara. Sebagai dampak dari mencuatnya kasus lama ini, muncul petisi online bertajuk “GOOGLE: Put Palestine On Your Maps!” yang sampai tulisan ini dibuat telah ditandatangani 294.087 pendukung.

Baca Juga :  Patuhi Aturan TKDN, Samsung Rakit Galaxy S7 di Indonesia

Di samping Google Maps, terdapat layanan peta online populer lain, yaitu Apple Maps milik Apple dan Bing Maps milik Microsoft. Ketika kata “Palestina” atau “Palestine” mencoba diketik di kedua layanan tersebut, diperoleh hasil yang berbeda. Apple Maps sama seperti Google Maps yang tidak terang-terangan menampilkan negara Palestina. Apple Maps hanya menampilkan kota-kota di Palestina. Apple Maps juga tidak menampilkan label Gaza Strip (Jalur Gaza) dan West Bank (Tepi Barat).

Sementara itu pada Bing Maps, aplikasi tersebut menampilkan negara Palestina dengan jelas. Label atau kata “Palestine” dapat dibaca dengan jelas saat aplikasi dilakukan zoom in ataupun zoom out. Para pengguna bisa melihat batas-batas negara Palestina, termasuk label Gaza Strip dan West Bank atau kawasan Jalur Gaza dan Tepi Barat. Berbeda dengan kedua aplikasi sebelumnya, Bing Maps turut menampilkan informasi tambahan soal Palestina, seperti foto objek menarik dan kondisi cuaca.

Share Button

Langganan Newsletter Gaptex

Dapatkan informasi terbaru seputar teknologi, gadget dan cara mendapatkan uang melalui internet langsung ke email Anda...

This information will never be shared for third part