Ini Halaman yang Wajib Ada Pada Sebuah Blog

Untuk mendukung legalitas, validitas dan keamanan blog, Anda harus memiliki beberapa halaman wajib yang tampil di setiap halaman blog. Shortcut menuju halaman (pages) dapat Anda sisipkan di sidebar maupun footer sehingga dapat dengan mudah diakses dan diamati isinya.

Ini Halaman yang Wajib Ada Pada Sebuah Blog

Berikut beberapa halaman yang wajib Anda miliki :

1. Privacy Policy
Privacy Policy merupakan dokumen yang berisi deklarasi atau pernyataan kepada pengunjung website Anda tentang apa yang akan Anda lakukan pada informasi yang Anda peroleh dari mereka, bagaimana Anda mendapatkannya dan bagaimana Anda mengatur dan menyimpannya.

Sebuah website harus memiliki halaman Privacy Policy untuk memberikan informasi yang jelas kepada pengunjung. Lebih jauh, halaman ini merupakan kewajiban apabila Anda bekerjasama dengan pihak ketiga seperti Affiliate Network, Google Adsense dan lain sebagainya.

Dari sisi mesin pencari, blog dengan halaman Privacy Policy akan dianggap lebih baik dibandingkan dengan yang tidak memilikinya. Untuk membuat Privacy Policy, Anda dapat mengenerate dengan mudah melalui situs http://www.generateprivacypolicy.com atau situs serupa lainnya yang banyak tersedia.

2. About Us
Halaman “About Us” atau “Tentang Kami” berisikan informasi mengenai diri Anda atau perusahaan Anda sebagai pengelola. Pada halaman ini, Anda juga perlu memberikan ringkasan singkat mengenai website Anda termasuk visi dan misi.

3. Contact Us
Halaman “Contact Us” atau “Kontak Kami” berfungsi sebagai tempat bagi pengunjung mengirimkan pesan kepada Anda. Selain penting bagi mesin pencari dan berguna untuk meningkatkan kredibilitas, halaman ini juga membuka kesempatan yang lebih mudah bagi berbagai pihak yang ingin bekerjasama dengan Anda di masa mendatang. Seluruh pihak dapat mengontak Anda dengan mudah melalui halaman ini.

Baca Juga :  Apa Itu HTML5?

4. Sitemap
Isi dari halaman ini dapat dengan mudah Anda peroleh menggunakan plugins “WP Sitemap Page” (lihat bagian plugins no. 9). Fungsi dari halaman ini adalah menampilkan seluruh posting dan halaman yang terdapat di blog Anda secara sistematis sehingga memudahkan pengunjung untuk melakukan pencarian.

5. Disclosure (optional)
Merupakan halaman yang berisi penyingkapan atau pengakuan. Biasanya halaman ini berisi pernyataan yang berhubungan dengan isi blog, saran dan hal-hal yang berhubungan dengan itu. Sebagai contoh, apabila Anda membuat blog tentang kesehatan, maka Anda dapat menyatakan bahwa “Semua informasi yang tercantum tidak dimaksudkan untuk mengganti saran pengobatan dari tenaga medis yang kompeten. Seluruh informasi bisa saja salah dan kami tidak bertanggung jawab atas penyalahgunaan. Dan seterusnya, dan seterusnya.”

Anda perlu membuat halaman ini apabila merasa membutuhkannya demi keamanan dan kenyamanan. Sebaliknya, jika merasa tidak perlu, Anda dapat melewatkannya begitu saja.

Share Button

Langganan Newsletter Gaptex

Dapatkan informasi terbaru seputar teknologi, gadget dan cara mendapatkan uang melalui internet langsung ke email Anda...

This information will never be shared for third part