Ini Dia Tampilan Baru Dari Nokia 3310 Yang Resmi Hadir di Barcelona

Kabar gembira bagi penggemar ponsel lawas Nokia 3310. Ponsel ‘tahan banting’ tersebut resmi hadir pada perhelatan akbar MWC 2017, hari Minggu, 26 Februari 2017 kemarin di Barcelona, Spanyol. HMD Global selaku pemegang lisensi Nokia memang sengaja ingin membangkitkan kembali Nokia 3310 yang pernah menjadi ponsel sejuta umat 17 tahun silam.

Ini Dia Tampilan Baru Dari Nokia 3310 Yang Resmi Hadir di Barcelona

Bersama Nokia 3310, HMD Global juga meluncurkan tiga smartphone lainnya yang berbasis sistem operasi Android yaitu Nokia 6, Nokia 5 dan Nokia 3. Namun yang jelas, Nokia 3310 tetap menjadi bintangnya di ajang MWC tersebut. Ponsel ini tentunya membawa kenangan nostalgia akan kejayaan Nokia di masa lampau. Sejak debutnya di tahun 2000, ponsel ini laris manis terjual hingga 126 juta sebelum akhirnya, Nokia menghentikan penjualan pada tahun 2005 lalu.

Sejak itu pula, brand Nokia lama-kelamaan ikut tenggelam karena kalah bersaing dengan produsen ponsel canggih lainnya. Walaupun telah dibeli Microsoft dulu, nama Nokia tetap tidak bisa diselamatkan. Kemudian, HMD Global pun datang memberikan harapan baru untuk menghidupkan nama legend tersebut dengan cara membeli secara resmi lisensi Nokia.

Perilisan Nokia 3310 pun sontak langsung dibanjiri pujian oleh para pakar analis. HMD disebut-sebut melakukan cara yang fantastis untuk mengembalikan kembali merk Nokia ditengah ramainya brand smartphone. Menurut BBC saat mewawancarai Ben Wood, seorang konsultan teknologi CCS Insight yang ikut dalam peluncuran ponsel tersebut mengatakan bahwa Nokia 3310 adalah ponsel yang pertama terjual secara masif dengan adanya rasa nostalgia dan kasih sayang untuk ponsel ini.

Artikel berhubungan:  Semua tentang Samsung Galaxy S8 & S8 Plus

Ben juga menambahkan bila HMD hanya mengumumkan tiga varian perangkat Android mereka saja pada ajang MWC kemarin, rasanya media cuma mampu menyediakan beberapa kolom baris saja untuk mengulasnya. Jadi, Nokia 3310 merupakan langkah yang cerdas dan ia berharap HMD akan menjualnya dalam volume yang signifikan.

Ponsel mungil bertajuk 3310 ini memang sebatas ponsel fitur saja. Kemampuannya terbatas karena hanya didukung oleh sistem operasi S30 dan mampu terhubung dengan jaringan 2,5G. Terdapat pula kamera belakang yang beresolusi 2 MP. Namun sesuai prediksi, keunggulan dari ponsel ini adalah adalah daya tahan baterainya.

Arto Nummela selaku CEO HMD Global mengklaim Nokia 3310 memiliki waktu siaga sampai 1 bulan dan menawarkan waktu bicara hingga 22 jam lebih. Tak hanya itu, ponsel legend tersebut masih membawa game Nostalgia Snake di dalamnya. Kabar beredar bahwa Nokia 3310 dijual dengan harga yang cukup terjangkau yakni 49 euro atau Rp 700 ribuan saja.