Ini Dia Spesifikasi Smartphone High-End Bapak Android

Pasti Sobat Gaptex sudah tidak asing dengan Andy Rubin. Sosok yang disebut dengan “Bapak Android” alias pencipta Android ini sudah lama dirumorkan bakal merilis smartphone Android kelas atas. Ponsel besutannya tersebut digadang-gadang untuk bersaing langsung dengan Google Pixel, Samsung Galaxy S8 atau iPhone.

Ini Dia Spesifikasi Smartphone High-End Bapak Android

Beberapa minggu lalu, sempat beredar foto yang menunjukkan sebagian layar kecil smartphone yang digenggam oleh Andy Rubin. Berbagai bocoran seputar gagdet itu pun langsung muncul ke dunia maya. Jika sebelumnya smartphone besutan Bapak Android telah tersebar di Geekbench, sekarang giliran situs benchmark GFXBench yang di datangi oleh ponsel ini.

Kabarnya, smartphone buatan Andy Rubin akan di namai dengan “Essential FIH-PM1” yang berarti dibawah naungan perusahaan bernama Essential Products. Perangkat tersebut mempunyai bentang layar seluas 5,5 inch dengan resolusi Quad HD 2560 x 1312 pixel. Resolusi dan luas layar yang begitu lega ini membawakan aspek rasio 80:41 hampir sama dengan LG G6 yakni 82:41.

Untuk masalah performa, Anda tak perlu khawatir karena Bapak Android telah mengandalkan dapur pacu yang begitu tangguh dengan dukungan chipset Qualcomm Snapdragon 835 dengan CPU Octa-Core 2.2 GHz dan tipe grafis GPU Adreno 540. Tersedia pula RAM sebesar 4 GB dan penyimpanan internal sebesar 16 GB. Banyak para ahli mengatakan bahwa kapasitas penyimpanan di rasa sangat kecil untuk smartphone high-end, namun konsumen berharap akan ada varian memori internal yang lebih besar.

Artikel menarik:  ZTE Rilis Android dengan Layar Lipat Ganda

Selain performa tangguh, Essential FIH-PM1 akan mengandalkan kamera belakang beresolusi 12 MP dan kamera selfie di bagian depannya. Menurut GFXBench, tidak ada fitur Autofocus untuk kamera belakangnya melainkan NFC sehingga termasuk ‘aneh’. Untuk sistem operasinya, Bapak Android tentu saja menyematkan sistem operasi yang paling terbaru yaitu Nougat. Kabarnya, ponsel tersebut akan memberikan beberapa kemampuan modular lewat penggunaan port yang bisa ditemukan pada ponsel. Kemungkinan besar lainnya juga mempunyai fitur yang sama dengan Apple 3D Touch.

Perakit smartphone Essential FIH-PM1 tersebut adalah Foxconn, karena dapat dilihat dari nama FIH yang berarti singkatan dari Foxconn International Holdings. Namun sayang, belum diketahui kapan ponsel ini diluncurkan dan mungkin saja muncul sekitar pertengahan tahun 2017.