Seputar Tekno

Ini Dia Pesaing WhatsApp, Google Allo

Aplikasi pesan instant yang sudah pasti semua orang tahu dan sangat populer? Tentu saja, kita semua akan menjawab WhatsApp. Sangat sulit mengalahkan kepopuleran dari aplikasi ini karena pengguna aktif hariannya saja melebihi 1 miliar. Dan juga WhatsApp Punya Fitur Baru, Bisa Upload Status Foto & Video untuk semakin meningkatkan aplikasi yang terus dikembangkannya.

Termasuk hal yang cukup menakjubkan bukan? Namun tidak berarti pesaingnya harus berdiam saja. Karena Google pun kini memiliki aplikasi serupa yang dinamakan Google Allo yang terus melakukan inovasi untuk meningkatkan kualitas dari aplikasinya.

Penggunaan aplikasi pesan instant atau instant messaging menjadi salah satu kebutuhan segala pengguna smartphone, sejumlah aplikasi pesan pun memperkaya dengan fiturnya agar membuat pengguna semakin betah menggunakan layanan chat mereka, termasuk Google Allo. Yang membedakan allo dengan aplikasi lain yang sejenis adalah pemanfaatan kecerdasan buatan dengan Google Assistant. Tidak hanya itu saja, Google Allo juga dapat memberikan update skor untuk setiap hightlight pertandingan olahraga, update perkiraan cuaca dan sebagainya.

Pada Google Allo, pengguna akan diperkenalkan dengan asisten digital Google yang sudah bisa berbahasa Indonesia yang dapat memudahkan Anda berinteraksi dengan Google seperti halnya mengajukan pertanyaan. Pengguna tidak perlu keluar dari chat hanya untuk sekedar melihat alamat, berbagi video YouTube favorit, atau memilih tempat menongkrong nanti malam bersama teman-teman. Cukup ketik @google untuk memanggil asisten ke grup chat mana pun. Selain itu, pengguna juga dapat melakukan chat pribadi dengan asisten di Allo.

Tidak hanya chat dengan kata-kata saja, Anda dapat menggunakan animasi GIF yang membuat semakin ekspresif dan seru saat chat. Untuk menambahkan GIF ke percakapan, cukup ketuk ikon GIF di atas kolom pesan, lalu cari GIF yang pengguna inginkan dengan mengetik keyword. Pengguna juga dapat mengirimkan GIF wajah sendiri dengan fitur ‘selfie clip’ dengan cara tekan ikon kamera yang berada di sebelah kanan bawah, lalu bersiap bergaya, dan kirim GIF ke teman-teman.

Perbedaan lainya fitur Allo ini memungkinkan pengguna mengubah foto selfienya menjadi paket stiker pribadi. Untuk melakukannya, Google menggunakan teknologi computer vision yang mengubah foto selfie pengguna menjadi gambar artistik.

Kamu juga bisa mengkustomisasi sticker yang telah dibuat sehingga makin sesuai dengan kepribadian kamu. Kombinasikan miliaran opsi sticker untuk membuatnya menjadi yang paling menarik dan terbaik. Para pengguna Allo bisa bermain game dengan teman tanpa harus keluar dari jendela percakapan. Cara bermain game di dalam chat bersama teman-teman, dapat dimulai dengan mengetuk tanda “+” di sebelah kiri atas chat bar.

Google Allo meluncurkan 4 mode permainan yang bisa kamu mainkan dalam aplikasi, yakni:

Artikel menarik:  11 Aplikasi Android Pengusir Nyamuk

1. Pet Hotel
Sebuah permainan game yang sangat lucu dan menggemaskan. Permainan yang di mana Anda dapat menjadi manajer hotel, yang sudah pasti sebagai manajer hotel Anda dituntut untuk memberikan pelayanan terbaik bagi tamu yang datang. Serta menjaga agar seluruh tamu hotel senang, bersainglah dengan teman-temanmu untuk menjadi hotel terfavorit bagi katakter hewan yang lucu.

2. Catur Grup
Menawarkan permainan layaknya catur pada umumnya. Catur memiliki dua pilihan warna yakni hitam dan putih yang masing-masing mempunyai 16 pasukan yang siap diadu. Anda tidak hanya bermain 1 lawan 1, tapi bisa bermain dengan semua teman yang ada pada grup. Pilih sisi yang Anda suka dan pindahkan bidak catur saat giliran Anda tiba untuk mengalahkan lawan.

3. Toadal Pondage
Bagi Anda yang tidak menyukai katak, hewan amfibi berwarna hijau ini, mungkin permainan satu ini bisa menjadi seru untuk Anda mainkan. Permainan yang memungkinkan Anda bertarung dengan teman-teman dalam menenggelamkan katak-katak mereka sebelum mereka menenggelamkan katak-katak yang Anda miliki. Permainan ini lucu dan menggemaskan serta sedikit memacu adrenaline Anda agar cepat dalam menenggelamkan katak.

4. Quick Draw
Sebuah permainan yang mengadalkan pembelajaran mesin atau machine learning. Caranya cukup simple yaitu Anda hanya menggambar dalam space yang sudah disediakan sesuai arahan. Sambil menggambar, waktu dalam hitungan detik juga akan berjalan. Anda dituntut untuk menjawab gambar apa yang dibuat. Anda pun bisa menantang teman untuk adu cepat dalam menggambar. Bisa dikatakan ini permainan iseng, tapi sekaligus dapat membuat Anda gregetan.

Itulah empat game seru yang telah Allo siapkan untuk Anda dapat mainkan bersama teman-teman. Dan jangan lupa download Google Allo dan rasakan serunya pengalaman bermain bareng teman-temanmu di sini. Namun, jika teman-teman Anda jarang menggunakan aplikasi pesan instant ini, bakal jadi kurang seru juga. Ini tentu yang menjadi tantangan dari Google. Perjalanan masih jauh untuk sekadar menyaingi WhatsApp. Karena berdasarkan data di Play Store, pengguna yang mengunduh aplikasi ini baru 10 juta saja.

Namun, untuk Anda yang penasaran ingin merasakan aplikasi ini, segera gunakan aplikasi ini sekarang bersama teman-teman Anda. Google Allo telah tersedia pada Android serta iOS. Aplikasi yang akan membantu Anda dalam menyampaikan serta melakukan banyak hal langsung di chat. Serta saat Anda bosan, game Google Allo bisa jadi solusi terbaik untuk Anda.