Ini Cara Mengatasi Hasil Cetak Bergaris Printer Canon

Trik reparasi kali ini berlaku untuk hampur seluruh tipe printer Canon, khususnya seri Pixma (IP dan MP) yang banyak digunakan untuk kebutuhan sehari-hari maupun bisnis. Seperti yang kita tahu, hampir seluruh pengguna printer Canon menggunakan sistem infus atau suntik (inject) tinta refill karena mudah pengaplikasiannya dan terbukti jauh lebih irit dibandingkan dengan mengganti cartridge original yang harganya mencapai ratusan ribu Rupiah.

Cara Mengatasi Hasil Cetak Bergaris Printer Canon 1

Jika Anda mengganti cartridge yang habis dengan cartridge original, tentu saja masalah hasil print putus-putus tidak akan terjadi. Nah, oleh sebab itu, posting kali ini dibuat khusus kepada Anda pengguna printer Canon dengan menggunakan sistem infus / suntik.

Berikut langkah kerja untuk mengatasi printer Canon dengan hasil cetak bergaris atau blank sama sekali :

1. Periksa selang infus / tinta / isi cartridge (jika suntik). Kemungkinan besar hasil cetak bergaris diakibatkan oleh aliran tinta yang tidak lancar atau cartridge yang sudah kosong (apabila menggunakan sistem suntik). Ikuti alur selang. Jika terdapat udara, keluarkanlah dengan cara melepas selang dan menyedotnya dengan jarum suntik. Kadangkala, selang yang terjepit bisa menjadi biang keladi hasil print bergaris-garis.

2. Periksa head cartridge. Sumbatan-sumbatan pada head cartridge akibat kebocoran atau tinta yang mengering karena kualitas yang buruk atau lama tidak digunakan dapat membuat printer menjadi ‘ngambek’. Jika perlu, Anda dapat membersihkan head cartridge dengan tisu yang dibasahi dengan air hangat. Posisikanlah cartridge dalam kondisi terbalik dan usap dengan tisu basah hingga bersih. Lakukan dengan perlahan agar tidak merusak head.

Artikel berhubungan:  Tips Meminimalisir Radiasi Ponsel

3. Lakukan software maintenance. Anda dapat melakukan berbagai macam maintenance secara otomatis menggunakan software bawaan printer Canon Anda. Untuk permasalahan hasil print yang bergaris-garis atau tinta yang ‘macet’ keluar, Anda dapat melakukan beberapa maintenance sebagai berikut :
Cleaning & Deep Cleaning – Proses ‘pembersihan’ akan memaksa cartridge untuk mengeluarkan tinta. Untuk kasus yang berat, lakukan deep cleaning hingga 1-2x.
Print Head Alignment – Tujuannya adalah untuk mengoreksi kesalahan garis & warna pada printer. Lakukan maintenance ini hingga tinta muncul dan garis-garis menghilang. Setelah itu, Anda dapat kembali mencoba melakukan print dokumen yang diinginkan.

Cara Mengatasi Hasil Cetak Bergaris Printer Canon

Jika masalah belum selesai juga, kemungkinan besar cartridge Anda butuh digganti dengan yang baru. Pastikan Anda membeli cartridge original agar pemakaian bisa berlangsung untuk jangka panjang. Jika ingin mengirit, Anda dapat membeli cartridge ‘bekas’ yang masih belum pernah dibongkar atau dibolongi atau digunakan untuk infus atau suntik.

Semoga bermanfaat!