Ini Arti USB OTG (on the go) Pada Smartphone

Sobat Gaptex, pada bahasan kali ini kita akan mengulas terminologi dalam bidang teknologi USB OTG (Universal Serial Bus on the go) yang kini diadopsi oleh banyak sekali perangkat smartphone, dari yang murah hingga mahal. Dengan mengerti arti dan fungsinya, tentu Anda dapat memutuskan apakah fitur tersebut bermanfaat bagi Anda.

pengertian usb otg

Pengertian USB on the go
USB On-The-Go, kerap disingkat USB OTG, merupakan satu spesifikasi yang memungkinkan piranti yang mempunyai port USB seperti pemutar audio digital atau ponsel untuk bertindak sebagai HOST, yang memungkinkan perangkat USB yang lain seperti USB flashdrive, mouse, atau keyboard bisa terpasang pada mereka. Tak seperti system USB konvensional, USB OTG bisa bertindak sebagai perangkat USB normal saat terpasang ke host lain.

Mengapa USB otg?
Selain praktis, USB OTG juga terbilang teknologi yang ‘murah’. Sebagai contoh, jika kita ingin menggunakan mouse atau keyboard konvensional pada tablet maupun smartphone, maka dengan USB OTG kita dapat memanfaatkan keyboard dan mouse biasa (baik kabel maupun wireless). Bandingkan dengan keyboard atau mouse bluetooth yang harganya bisa lebih mahal 2-3x lipat.

Smartphone yang memiliki fitur USB OTG
– Samsung : Galaxy S-II, Galaxy S-III, Galaxy S-IV (varian classic, Zoom, Active), Galaxy S-V, Galaxy Note, Galaxy Note-II, Note-III, Galaxy Note 8.0, Galaxy Note 10.1, Galaxy Note 10.1 2014-Edition, Galaxy Mega 6.3, Galaxy Nexus, Galaxy Nexus 10.1, Galaxy NX, Galaxy Tab 7.0 Plus, Galaxy Tab 8.9, Galaxy Tab 10.1, Galaxy Tab2 7.0 Inch, Galaxy Tab2 10.1 Inch, Galaxy Tab3 8.0 inch, Galaxy Tab3 10.1 Inch, dll

– Sony : Xperia Mini, Xperia Mini Pro, Xperia Neo, Xperia Neo V, Xperia Arc, Xperia Arc S, Xperia Play, Xperia Pro, Xperia Ray, Xperia Active.

– Sony : Xperia S, Xperia P, Xperia U, Xperia Sola, Xperia Ion, Xperia Go, Xperia Z, Xperia ZL, Xperia Z Ultra, Xperia ZR, Xperia Z1, Xperia T, Xperia TX, Xperia V, Xperia SP, Xperia M (Single and Dual), Xperia Z1, Xperia Z2.

– Nokia : N8, E7, X3-02, X2-00, E6, C7, C6-01, 701, X7-00, 603, 6600i, N810, Asha 302, Asha 303, Asha 300, Asha 311, Lumia 820, Lumia 920.

Murah : Advan Gaia.

Daftar diatas tidak lengkap. Kenyataannya ada banyak sekali smartphone & tablet lain yang mendukung USB OTG. Silahkan cek spesifikasi detail perangkat yang Anda miliki untuk mengetahui dukungan terhadap fitur USB OTG.

Cara menggunakan OTG
Anda perlu memiliki kabel OTG yang biasanya tidak disertakan pada pembelian. Kabel ini memiliki kabel masukkan micro-USB dengan keluaran USB normal. Kabar baiknya harga kabel ini cukup murah, yaitu beberapa puluh ribu Rupiah saja. Silahkan cek disini untuk melihat kabelnya.

So, sekarang sudah berkurang gaptexnya kan?

Share Button

Langganan Newsletter Gaptex

Dapatkan informasi terbaru seputar teknologi, gadget dan cara mendapatkan uang melalui internet langsung ke email Anda...

This information will never be shared for third part