Ini 5 Kelebihan Bahasa Pemograman Java

Java merupakan software platform dan salah satu bahasa pemograman paling populer di dunia saat ini. Dikembangkan oleh perusahaan software terbesar di dunia Oracle, Java saat ini digunakan di berbagai sistem operasi dan komputer, tak terkecuali smartphone.

Ini 5 Kelebihan Bahasa Pemograman Java

Tentu saja popularitas Java diakibatkan oleh beberapa kelebihan yang dimilikinya sehingga memudahkan para pengguna dan programer handal mengelolanya. Pada posting kali ini kita akan membahas 5 kelebihan utama bahajasa pemograman Java.

1. Multiplatform.
Keunggulan utama dari Java adalah bisa dijalankan di lebih dari satu platform/ system operasi komputer, sesuai dengan prinsip tulis sekali, jalankan dimana saja. Dengan keunggulan ini pemrogram cukup menulis suatu program Java serta dikompilasi ( dirubah, dari bhs yang dipahami manusia jadi bhs mesin/bytecode) sekali lalu hasilnya bisa dijalankan diatas beberapa basis tanpa perubahan. Keunggulan ini memungkinkan suatu program berbasis java ditangani di atas operating sistem Linux namun dijalankan dengan baik diatas Microsoft Windows. Basis yang di dukung hingga sekarang ini adalah Microsoft Windows, Linux, Mrac OS serta Sun Solaris. Penyebanya yaitu tiap-tiap system operasi memakai programnya sendiri-sendiri (yang bisa didownload dari website Java) untuk menginterpretasikan bytecode itu.

2. Perpustakaan Kelas yang Komplit
Java populer dengan kelengkapan library/perpustakaan (himpunan program program yang diikutkan dalam pemrograman java) yang benar-benar membantu dalam penggunaan oleh beberapa pemrogram untuk membangun aplikasinya. Kelengkapan perpustakaan ini ditambah dengan kehadiran komunitas Java yang besar yang terus-terusan membuat perpustakaan-perpustakaan baru untuk melingkupi semua keperluan pembangunan aplikasi.

Artikel berhubungan:  Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android

3. OOP (Object Oriented Programming)
Semua aspek yang ada di Java merupakan Objek. Java adalah satu diantara bhs pemrograman berbasis objek secara murni. Semua jenis data di turunkan dari kelas basic yang disebut Obyek. Hal semacam ini benar-benar mempermudah pemrogram untuk mendesain, membuat, meningkatkan serta mengalokasi kekeliruan suatu program dengan basis Java dengan cara cepat, tepat, gampang serta terorganisir. Keunggulan ini membuat Java sebagai satu diantara bhs pemograman termudah, bahkan untuk beberapa fungsi yang advance seperti komunikasi pada komputer sekalipun.

4. C++
Java mempunyai sintaks seperti bahasa pemrograman C++ hingga menarik banyak pemrogram C++ untuk pindah ke Java. Sekarang ini pemakai Java benar-benar banyak, sebagian besar merupakan pemrogram C++ yang beralih ke Java.

5. Pengumpulan sampah automatic
Java mempunyai fasilitas penataan pemakaian memori hingga para pemrogram tak perlu melaksanakan penataan memori secara langsung (seperti dalam bhs C++ yang digunakan secara luas).