IDOS, Sistem Operasi Lokal dari Advan

Perusahaan smartphone Tanah Air bukan hanya ingin menjual ponsel saja, melainkan juga mulai berani unjuk gigi demi menguasai sisi software. Salah satunya adalah Advan, produsen lokal ini baru saja mengumumkan sistem operasi buatannya sendiri yang diberi nama IDOS atau Indonesia Operating System. IDOS tersebut merupakan alih teknologi milik Advan dari Shenzen ke Indonesia dan dikembangkan secara lokal di Jakarta dan Semarang.

IDOS, Sistem Operasi Lokal dari Advan

Sistem operasi IDOS mengambil basis dari Android 6.0 Marshmallow yang dikembangkan secara khusus supaya mampu memaksimalkan performa ponsel Advan. Namun di sisi lain, pihak mereka juga telah menyematkannya dengan sejumlah fitur menarik yang tentu saja dapat memanjakan konsumennya. Seperti yang dikatakan oleh Marketing Director Advan, Tjandra Lianto bahwa kehadiran IDOS tidak lepas dari kebutuhan konsumen Tanah Air.

Tercatat bahwa IDOS memiliki 4 fitur utama yakni Security, Smart Management, Unique Feature dan Power Saving. Semua fitur tersebut sudah bisa digunakan untuk perangkat smartphone Advan G1. Dari 4 fitur ini, yang paling ditonjolkan Advan adalah fitur keamanan ‘anti kepo’, sebab kamera depan ponsel bakal langsung mengambil foto siapapun yang telah salah memasukkan password kunci layar sebanyak 3x.

Lebih lanjutnya lagi, Advan telah memasang fitur enkripsi di sistem operasi IDOS. Perusahaan lokal ini mengklaim seluruh lalu-lintas data yang masuk atau keluar dari ponsel akan otomatis terenksripsi dimana hal ini memberi kenyamanan serta keamanan tersendiri bagi pengguna. Selain itu, berkat fitur tersebut pengguna yang sering melakukan transaksi pembelian ataupun membuka layanan perbankan jadi lebih aman.

Artikel berhubungan:  Oppo Raih Peringkat 8 Dunia Dengan Penjualan 50 Juta Unit

Kemudian, fitur lainnya yang tak kalah menarik dari IDOS adalah pengunci aplikasi, mode penghemat baterai, mode guest, health guard dan picture-in-picture sehingga memudahkan pengguna dapat menonton video seraya menjalankan aplikasi lain, misalnya chatting. Selain itu, terdapat pula fitur shake to shot untuk membuka menu kamera, QR Scan ID yang membuat kontak tersimpan akan dibuatkan QR Code, serra shake to play untuk mengganti lagu. Untuk saat ini, OS IDOS baru tersedia bagi ponsel Advan G1 yang juga sudah mencicipi Android Marshamllow. Oleh sebab itu, penomoran versi IDOS akan disesuaikan dengan OS Android itu yakni mulai dari versi 6.1.2.