Berita

Huawei MateBook X Mau Tandingi Apple MacBook Air

Macbook dan Macbook Air milik Apple memang telah terkenal diseluruh penjuru dunia. Desainnya yang khas, tipis, dan ringan ini membuat banyak konsumen yang menyukainya. Namun mungkin sekarang Apple harus waspada karena saat ini ada pesaing baru yang ingin menandingi MacBook dan MacBook Air miliknya dengan MateBook X besutan Huawei.

Huawei MateBook X Mau Tandingi Apple MacBook Air

Setelah meluncurkan laptop MateBook perdananya pada tahun 2016 lalu, kini Huawei kembali merilis lini laptop anyar dari seri yang sama, salah satunya adalah MateBook X yang ingin menyaingi MacBook Air. Laptop tersebut merupakan laptop berbasis Windows 10 dengan layar 13 inch yang bentuknya benar-benar sebuah laptop, alias tidak menawarkan model hybrid. Dilengkapi dengan prosesor i5, baterainya diklaim mampu bertahan hingga 10 jam ketika dipakai menonton video 1080p.

Layar 13 inch milik MateBook X ini bukan seperti kebanyakan laptop lainnya, karena ia menggunakan rasio aspek hanya 3:2 dengan resolusi 2K dan bezel yang sangat tipis, yaitu 4,4 mm. Penyimpanan internalnya antara 256 GB hingga 512 GB dan pilihan RAM 4 GB atau 8 GB. Kemudian, tombol power MateBook X menyatu dengan sensor sidik jari yang cocok dengan sistem keamanan Windows, yakni Windows Hello.

Artikel menarik:  Kapan Meizu M6s Masuk Indonesia?

Untungnya, Huawei membekali MateBook X ini dengan USB-C yang berupa USB Type-A, DVI, HDMI dan port USB-C tambahan yang dapat dipakai untuk mengisi daya. Selain MateBook X, ada pula series lainnya yang diberi nama MateBook E dan MateBook D yang keduanya masing-masing punya gaya berbeda.

MateBook E merupakan laptop yang seperti perbaikan dari MateBook versi awal, contohnya resolusi layar menjadi 2K dari Full HD dan juga daya tahan baterai yang diklaim mampu bertahan sampai 9 jam lamanya. Kemudian, beralih ke MateBook D. Laptop ini berukuran 15 inch yang sengaja menyasar pengguna kelas menengah ke atas. Layarnya beresolusi Full HD dengan pilihan prosesor Core i5 atau i7 yang dipadukan dengan RAM 4 GB, 8 GB dan 16 GB. Untuk masalah grafisnya, ada varian yang dilengkapi chipset Nvidia GeForce 940 MX.