Hosting MWN (Masterweb) Super Mengecewakan!

MWN atau Masterweb sesungguhnya merupakan salah satu penyedia web hosting dengan server lokal (IIX) yang cukup besar di Indonesia. Sayangnya, kualitas layanan yang diberikan luar biasa buruk sehingga membuat pusing selama beberapa hari! Kalau boleh diberikan nilai, maka saya akan memberikan nilai E untuk layanan hosting ini! Rapor Merah!

Hosting MWN (Masterweb) Super Mengecewakan

Pembelian MWN
Website Gaptex yang selama ini hosting dengan tentram di Hawkhost (HH) mulai mengalami kendala pada lambannya akses karena penggunaan resources dan CPU yang tinggi. Dalam sehari, beberapa kali web mengalami limited dan downtime akibat hal tersebut. Bukan karena HH jelek, melainkan karena traffic Gaptex yang lumayan besar membuat saya harus mempertimbangkan upgrade layanan hosting yang lebih mumpuni.

Mempertimbangkan kebutuhan server lokal pada Gaptex yang pengunjungnya 80% dari Indonesia, maka pilihan pun jatuh kepada MWN. Tak tanggung-tanggung, saya pun membeli paket Eksekutif yang diatas kertas harganya 4x hosting HH yang selama ini digunakan untuk Gaptex.

Masalah Pun Dimulai …
Tak perlu lama bagi Gaptex untuk berpindah ke MWN. Seluruh proses migrasi dikerjakan hanya dalam waktu beberapa jam setelah akun diaktifkan. Hari kedua pemakaian, traffic turun hingga 30-40% sehingga memaksa saya untuk melakukan pengecekan manual. Dari hasil pengecekan, website terasa sangat lamban diakses. GTmextrix melaporkan situs “time out”, sementara situs-situs serupa lainnya mencatat waktu akses hingga 50 detik! Bayangkan betapa lambannya!

Sayangnya kelambanan ala kura-kura tersebut berlanjut ketika saya mengontak Live Support yang disediakan MWN di websitenya. Proses menunggu bantuan hampir 5 menit dan setiap balasan chat akan memakan waktu 5 menit lagi. Total jendral, dalam waktu 20 menit petugas hanya membalas 3-4 baris tanpa solusi! Disebutkan bahwa website dalam keadaan baik-baik saja, padahal faktanya tak bisa diakses GTmetrix, tercatat lamban dan trafficnya turun 30%!!

Malam harinya, sebuah email suspend dilayangkan. Well, tak perlu waktu lama dan tak perlu pintar-pintar amat untuk mengetahui seberapa handal hosting di MWN, bukan?

Hari Selanjutnya ….
Saya memutuskan hosting segera dikembalikan ke HH sesaat setelah situs disuspend. Sayangnya, proses propagasi cukup lamban dan tidak mulus terutama untuk jaringan Speedy yang masih mengakses situs via server MWN. Traffic pun jeblok lagi. Maka, saya putuskan untuk kembali melakukan live chat dengan maksud meminta unsuspend layanan.

Live chat kali kedua ini benar-benar membuat saya kesal! Layanan sangat lambat, jauh lebih lambat dari live chat hari sebelumnya. Akhirnya saya memutuskan untuk menelpon langsung ke MWN dan harus marah-marah. Setelah aksi tersebut, ajaib layanan hosting langsung di unsuspend.

Hari Selanjutnya lagi …
Entah apa yang salah, keesokan harinya tanggal 3 Maret 2015, MWN down dan tidak bisa diakses. Sialnya, proses propagasi Gaptex masih juga belum selesai khusus di jaringan Speedy (entah kenapa lama sekali!). Layanan support MWN kali ini benar-benar luar biasa keren! Live chat sampai 1 jam menunggu tak mendapat balasan, nomor telpon selalu sibuk dan tak bisa dihubungi! Akhirnya setelah mencoba terus dan terus, telpon pun masuk dan diangkat oleh seorang cs. Disebutkan bahwa layanan memang sedang bermasalah dan sedang diperbaiki. Tidak ada estimasi dan tidak ada petunjuk sampai kapan masalah berlangsung.

Downtime berlangsung hingga hitungan jam. Bayangkan layanan hosting dengan downtime selama itu! Saya tidak pernah mengalami sekali pun sebelum ini.

Akhirnya …
Pada akhirnya, saya pun memutuskan untuk melakukan upgrade hosting di HH ke paket semi dedicated yang lebih mumpuni. Kirim tiket ke support, 5 menit ditanggapi. Selanjutnya hanya perlu menunggu 15 menit untuk mendapatkan kabar gembira bahwa hosting sudah diupgrade dan saya hanya perlu merubah nameserver saja.

Paket semi dedicated cukup mumpuni untuk traffik diatas 5000 UV hingga belasan ribu. Sangat cocok bagi Anda yang ingin migrasi dari shared ke paket lebih tinggi tetapi menghindari mahalnya dedicated server. Cek paket semi dedicated HH disini.

Catatan :
– Layanan MWN terbukti jelek, baik server maupun customer servicenya
– MWN sama sekali tidak memberikan garansi uang kembali (tak seperti layanan hosting pada umumnya), so meski baru menggunakannya dalam hitungan hari, semua pembayaran saya lenyap tanpa bisa dikembalikan.

Demikian pengalaman saya yang mencoba berbagai layanan hosting baik lokal maupun luar negeri. Jika Anda ingin mencari web hosting lokal yang bagus, saya mungkin dapat menyarankan Anda untuk mencoba Niagahoster yang harganya cukup murah terjangkau dengan layanan CS online 24 jam yang mumpuni. Dan yang paling penting, Anda benar-benar mendapatkan garansi 30 uang kembali jika sewaktu-waktu Anda ingin membatalkan hosting Anda. Silakan langsung cek www.niagahoster.co.id.

Semoga sharing ini bermanfaat!
Admin Gaptex.com

Share Button

Langganan Newsletter Gaptex

Dapatkan informasi terbaru seputar teknologi, gadget dan cara mendapatkan uang melalui internet langsung ke email Anda...

This information will never be shared for third part