Berita

HMD Global akan Merilis Smartphone Premium Nokia 9

Akhir Maret lalu, tersiar kabar bahwa Nokia 3, Nokia 5, Nokia 6 dan Nokia 3310 new version akan diluncurkan secara serempak di 120 negara sekaligus saat periode April hingga Juni Mendatang. Kali ini HMD Global kembali menggemparkan dunia karena diperkirakan akan merilis smartphone terbaru mereka dengan spesifikasi kelas atas yang bertajuk Nokia 9. Bocoran yang beredar menyebutkan salah satu spesifikasi tersebut adalah teknologi audio 3D.

HMD Global akan Merilis Smartphone Premium Nokia 9

Teknologi audio 3D yang dimaksudkan oleh HMD Global ialah Nokia OZO Audio. Teknologi ini memungkinkan pengguna merasakan pengalaman berbeda dengan mendapat kesan ruangan ketika mendengarkan file audio. Nokia OZO Audio juga mampu bekerja sama dengan posisi kepala si penggunanya. Sehingga suara yang dihasilkan oleh ponsel pintar Nokia 9 pun akan menyesuaikan posisi kepala pengguna ketika digunakan untuk melihat Virtual Reality (VR).

Fitur lainnya yang menjadi keunggulan dari teknologi 3D Audio tersebut yaitu alat perekaman suara. Dengan Nokia OZO Audio, smartphone Anda mampu merekam suara dalam bentuk 3D dan bisa membedakan darimana arah datang suara dengan menggunakan empat microphone atau lebih. Hasil yang didapatkan pun berupa rekaman yang mempunyai kesan kedalaman ruang.

Artikel menarik:  G7X Mark III, PowerShot Pertama Canon Berkemampuan 4K?

Selain teknologi audio, HMD Global juga membekali Nokia 9 dengan chipset Qualcomm Snapdragon 835, RAM jumbo sebesar 6 GB serta pilihan penyimpanan internal sebesar 64 GB dan 128 GB. Ada pula dual kamera ganda beresolusi 22 MP dengan lensa buatan Carl Zeiss dan kamera depan beresolusi 12 MP. Bocoran lain mengungkapkan jika Nokia 9 kemungkinan memiliki layar Quad HD seluas 5,5 inch, baterai berkapasitas 3800 mAh dan sistem operasi Android 7.1 Nougat. HMD juga mungkin menyematkan penambahan scanner iris dengan sensor fingerprint scanner.

Belum diketahui kapan tepatnya HMD Global akan merilis smartphone premiumnya satu ini. Apalagi peluncurkan Nokia 5 sebentar lagi akan muncul pada April hingga Juni 2017 yang berikunya menyusul Nokia 6. Tetapi kemungkinan besar HMD bakal merilis Nokia 9 tersebut di 2017 ini mengingat telah banyak beredar rumor tentang Nokia OZO Audio tersebut.