Hati-Hati Dengan Arisan MMM! It’s a Scam!

Sobat Gaptex, kami cukup tergelitik mendengarkan pertanyaan beberapa kolega dan pembaca mengenai arisan yang berjudul MMM (kepanjangannya : Manusia Membantu Manusia, aslinya : Mavrodi Mondial Moneybook) yang cukup heboh belakangan ini. Bagi kami sederhana saja, jika ada suatu program yang memberikan iming-iming tak masuk akal, atau istilahnya too good too be true, bahkan melirik pun kami sesungguhnya tak mau.

Hati-Hati Dengan Arisan MMM

Tetapi rasa penasaran untuk mencari tahu pun muncul. Kami juga memutuskan untuk melakukan sharing kepada pembaca sekalian agar tak menjadi korban. Hmm. Pada dasarnya, semua program yang menyertakan bunga dan iming-iming tinggi akan secara otomatis masuk ke dalam skema Ponzi (Ponzi Scam). Ponzi sendiri diambil dari nama orang yang dahulu melakukan skema ini untuk pertama kali. Anda dapat membaca lebih lanjut tentang ini di Wikipedia.

Lupa Apa Pura-Pura Lupa?
Masyarakat kita, entah mengapa, kerap cepat melupakan penipuan-penipuan yang telah terjadi berulang-ulang kali di masa lalu. Barangkali mimpi untuk mendapatkan uang secara instan sudah menjadi budaya bangsa yang mengakar, sama seperti kain batik. Padahal, seharusnya setiap kita mampu berpikir jernih dan cepat meninggalkan sesuatu yang tak masuk akal.

So, bunga investasi sebesar 30% sebulan dari arisan MMM ini apakah masuk akal? Coba simak acuan bunga deposito saat ini yang hanya sekitar 8.5% setahun! Apa pun alasan dan penjelasan di baliknya, fakta ini tak akan pernah masuk akal.

So, Bagaimana skemanya?
Skema Ponzi aka money game aka arisan berantai sederhana. Setiap anggota yang masuk di awal program biasanya akan ‘aman’ karena penyelenggara akan menepati janjinya. Targetnya adalah agar orang tersebut ikut kembali dan mengajak rekan-rekan lain. Toh, terbukti membayar, bukan?

Artikel berhubungan:  Begini Cara Verifikasi Paypal Menggunakan VCN BNI

Next, setiap orang akan mulai berbondong-bondong ikut mencicipi manisnya bunga ‘edan’. Skema terus berjalan dengan lancar dan terus dan terus hingga …. jumlah anggota baru berkurang sehingga dananya tak lagi mampu menututupi pembayaran investasi anggota lama. Pada titik itu, investasi menjadi ‘bodong’ alias scam. Penyelenggara melarikan diri dengan membawa uang yang sudah berhasil dikumpulkannya. Anda kemudian hanya bisa gigit jari!

Itu saja skemanya. As simple as that!

Ponzi di Masa Depan
Skema ponzi akan terus hadir di tengah masyarakat sampai kapan pun di tengah sistem materialistis yang kita anut. Terbukti bahwa skema ini tak pernah usang sejak digunakan pertama kali puluhan tahun yang lalu. Selalu akan ada ‘revolusi’ baru, penjelasan baru, iming-iming baru, modus baru yang akan menjaring orang-orang yang tak panjang akal.  Teknologi internet pun ikut serta menjadikan skema seperti ini akan tumbuh lebih subur di masa mendatang.

So, lebih baik bangun sekarang. Kerja. Kerja. Tanamkan prinsip untuk tak makan dan anti uang yang bukan hasil dari keringat kita sendiri! Be realistic!

Semoga bermanfaat!