Hal Penting Saat Melakukan Factory Reset Android

Jika performa smartphone atau tablet Android Anda sudah menurun ataupun terjadi masalah pada WiFi, software, Bluetooth, dan sebagainya, maka Anda bisa melakukan Factory reset. Factory reset ini berarti mengembalikan pengaturan ponsel ke pengaturan awal pabrik. Semua data dan pengaturan lainnya akan dikembalikan seperti semula seperti Anda baru membeli smartphone. Namun ada yang perlu Anda perhatikan, karena terdapat beberapa hal penting saat melakukan factory reset Android.

Hal Penting Saat Melakukan Factory Reset Android

Mengapa Anda harus perhatikan hal penting sebelum dan sesudah melakukan factory reset Android? Karena dapat berakibat fatal akan kehilangan data-data penting di dalam smartphone Anda. Selain mengetahui tips melakukan factory data reset, Anda juga patut mengetahui hal ini bukan? Berikut penjabarannya.

A. Sebelum Melakukan Factory Reset

Hal-hal yang harus Anda lakukan yaitu:
1. Backup Data Penting
Pertama, Anda perlu memindahkan data penting yang ada di memori internal ke memori eksternal, karena data yang akan dihapus oleh sistem ialah data yang terdapat di memori internal. Namun jika ExtSDCard penuh, Anda bisa memindahkan ke PC atau laptop.

2. Backup Kontak
Kedua, backup data kontak dapat dilakukan dengan cara masuk ke menu kontak dan pilih Impor/Ekspor, kemudian pilih Ekspor kontak ke kartu SD. Kalau tidak ada memori eksternal, pindahkan saja file kontak ke dalam harddisk dengan file kontak ekstensinya (.vcf).

3. Backup Aplikasi Kesayangan
Jika Anda sayang dengan aplikasi yang sudah terdownload, maka backup-lah aplikasi ini ke memori eksternal. Sebelumnya, Anda harus memiliki aplikasi EasyAppBackup karena pemilihan letak backup ada pada menu pengaturan aplikasi tersebut.

Artikel menarik:  Pengertian Wireless, HotSpot & WiFi

4. Catat Data Penting atau Memo
Mencatat kembali data yang ada di memo memang terlihat sepele, tapi mungkin ada hal yang penting yang pernah Anda tulis di memo.

5. Saatnya Melakukan Factory Reset
Setelah semua langkah di atas selesai Anda lakukan, maka Anda dapat langsung melakukan factory reset. Caranya bisa dari menu pengaturan atau melalui recovery mode. Factory reset ini juga tak berjalan lama, hanya beberapa menit saja dan akhirnya smartphone berhasil restart ulang. Setelah itu, Anda pun bisa langsung melakukan hal-hal di bawah ini setelah melakukan factory reset.

B. Setelah Melakukan Factory Reset

1. Siapkan Koneksi Internet
Pertama, Anda perlu masuk ke akun Google lalu update layanan Google Play. Kenapa ini diperlukan? Karena sebagian besar aplikasi yang akan di install tida bisa berjalan kalau Google Play masih lawas. Caranya yaitu buka PlayStore dan search Google Play Service.

2. Restore Kontak dan Data
Setelah melakukan backup, tentu saja saatnya Anda melakukan restore. Kembalikanlah semua data dan kontak Anda yang sudah di backup sebelumnya. Prosesnya sama dengan saat Anda membackup.

3. Install kembali Aplikasi Kesayangan
Terakhir, carilah file hasil backup melalui EasyAppBackup tadi. Kali ini, Anda harus benar-benar selektif dalam memilih aplikasi mana yang akan diinstall kembali supaya