Google Rilis Pixel 2 dan Pixel 2 XL, Harganya?

Setelah lama dinantikan, akhirnya Google secara resmi merilis dua smartphone flagship besutannya yaitu Pixel 2 dan Pixel 2 XL. Sebagai generasi penerus dari Google Pixel dan Pixel XL, kedua smartphone ini membawa cukup banyak perubahan dari model pertama. Salah satunya adalah logo khusus “made by Google”, tanpa adanya branding dari produsen smartphone seperti LG dan HTC.

Apabila dibandingkan dengan generasi sebelumnya yang meluncur tahun lalu yang tampak berbeda dari ukurannya saja, kali ini Google semakin kreatif membedakan antar kedua smartphone Pixel. Antara Pixel 2 dan Pixel 2 XL dibedakan dari faktor ukuran layar, kapasitas baterai, resolusi, dan aspek rasio layar.

Spesifikasi Lengkap
Google Pixel 2 mengusung layar 5 inch dengan resolusi Full HD 1080p dan aspek rasio 16:9. Sedangkan untuk Pixel 2 XL memiliki ukuran lebih besar dengan layar Quad HD Plus seluas 6,0 inch dengan aspek rasio 18:9, yang membuat bezel smartphone ini sangat tipis. Soal daya tahan perangkat sendiri, Pixel 2 dan Pixel 2 XL masing-masing dibekali baterai berkapasitas 2.700 mAh dan 3.520 mAh.

Selain ukuran, kapasitas baterai dan desain, fitur dan spesifikasi antar keduanya terbilang cukup identik. Keduanya sama-sama dipersenjatai prosesor Qualcomm Snapdragon 835 yang dipadukan dengan RAM 4 GB dan memori internal 64 GB atau 128 GB.

Kemudian, ada pula speaker stereo di sisi depan, fingerprint scanner di bagian belakang, port USB-C di bagian bawah, serta tak mempunyai jack audio 3,5 mm untuk earphone. Jadi jika Anda ingin menggunakan headphone, maka Anda perlu menggunakan adaptor khusus yang sudah disediakan.

Fitur
Seperti vendor smartphone lainnya, kualitas kamera menjadi salah satu keunggulan utama Google dalam mengembangkan Pixel 2 dan Pixel 2 XL. Menurut Mario Queiroz selaku Chief Google Product mengklaim bahwa kamera duet flagship yang memiliki fitur HDR, OIS, dan pemrosesan gambar atau image processing yang lebih mumpuni.

Bahkan DxOMark memberikan skor 98 untuk kamera Pixel 2 dan Pixel 2 XL yang berarti melebihi skor tertinggi dari iPhone 8 Plus dan Samsung Galaxy Note. Padahal keduanya masih setia pada kamera tunggal dan belum berniat untuk memakai kamera ganda. Pada kamera utamanya, baik Pixel 2 maupun Pixel 2 XL memiliki lensa berukuran 12 MP yang dilengkapi dengan fitur Portrait Mode dan efek bokeh untuk latar belakangnya.

Artikel menarik:  GoPro Hero 6 & Drone Karma Masuk ke Indonesia, Harganya?

Lebih menariknya lagi, portrait mode juga hadir pada kamera depannya yang beresolusi 8 MP. Pemotretan yang dilengkapi oleh mode Motion Photos juga membuat kamera akan merekam video selama tiga detik sebelum dan sesudah pemotretan. Hasil tangkapan foto dan video yang direkam akan disimpan secara otomatis.

Google Pixel 2 dan Pixel 2 XL sudah disematkan fitur pengenal musik yang selalu aktif. Fungsinya sama seperti Shazam atau aplikasi semacamnya, yang mana smartphone akan memberitahukan penyanyi dan judul lagu tertentu saat mendengar lagu tersebut diputar. Kemudian, kelebihan lainnya dari perangkat tersebut berada di sisi software. Berjalan pada sistem operasi Android Oreo teranyar, Pixel 2 dan Pixel 2 XL juga didukung Google Assistant yang dapat diakses dengan lebih praktis dan mudah.

Harga dan Ketersediaan
Google Pixel 2 akan tersedia dalam variasi warna Just Black, Clearly White, dan Kinda Blue. Harga yang dibanderol cukup mahal yakni mulai $649 Dollar atau Rp 8,7 jutaan untuk versi ROM 64 GB dan $749 Dollar atau Rp 10,1 jutaan untuk versi ROM 128 GB. Smartphone ini akan tersedia di beberapa negara pada tanggal 19 Oktober 2017 mendatang.

Sedangkan Google Pixel 2 XL akan tersedia dalam warna Just Black dan Black-White. Harga yang dibanderol mulai dari Rp 11,4 juta hingga Rp 12,8 jutaan. Ponsel ini akan tersedia pada tanggal 15 November 2017. Adapun negara pertama yang menyediakan kedua seri Pixel 2 itu ialah Australia, Jerman, Kanada, Italia, Amerika Serikat, Inggris, dan India.

Setelah itu, negara yang akan menyusul untuk menjual Pixel 2 dan Pixel 2 XL adalah Singapura, Italia, dan Spanyol. Namun sayang, belum jelas kapan keduanya menyambangi Indonesia, bahkan Pixel generasi pertama saja belum dijual resmi di Tanah Air.