Berita

Google Rilis Aplikasi Google Go dan Datally di Indonesia

Baru-baru ini, perusahaan teknologi raksasa Google rilis aplikasi Google Go dan Datally di Indonesia, dimana perangkat lunak Google Go merupakan versi sederhana dari Google Search yang didesain untuk perangkat Android Go Editon. Aplikasi ini juga baru dirilis di India dan Indonesia saja. Selain itu, Google juga kembali meluncurkan aplikasi yang memiliki fungsi serupa layaknya Youtube Go, bernama Datally, yang dapat membantu pengguna ponsel untuk menghemat kuota internet.

Google Go
Kita akan membahas satu per satu mengenai kedua aplikasi tersebut. Yang pertama yaitu Google Go. Dari namanya saja kita bisa tahu jika aplikasi ini dirancang khusus untuk perangkat Android Go Edition, sehingga kelebihan utama dari Google ialah untuk mempermudah penelusuran untuk pengguna yang memiliki koneksi internet lambat. Google Go mampu melakukan berbagai hal seperti melakukan pencarian suara, menunjukkan pilihan untuk pencarian, mencari gambar, mencari video, GIF, terjemahan, dan masih banyak lagi. (Baca juga: Youtube Go Hadir di Indonesia, Nonton Video Makin Hemat)

Bukan hanya itu, Anda juga bisa menempatkan shortcut atau pintasan untuk layanan favorit di aplikasi Google Go dan Anda bisa memilih dari daftar yang banyak. Aplikasi ini juga mampu mencari dua bahasa sekaligus atau dengan sekali tekan, Anda bisa menukar hasil pencarian di antara kedua bahasa tersebut.

Bagi Sobat Gaptex yang tertarik untuk memilikinya, maka Anda bisa mengunduh aplikasi Google Go di Play Store. Google Go sendiri dibuat khusus untuk jutaan orang di negara tersebut yang ingin menjelajahi dunia online untuk pertama kalinya. Aplikasinya juga sangat ringan karena berukuran 5 MP untuk di download dan hasil pencarian lebih hemat data sekitar 40%.

Artikel menarik:  iPhone 8 dan iPhone X Dipastikan Masuk Indonesia

Datally
Selain Youtube Go dan Google Go, Google kembali merilis aplikasi dengan fungsi serupa untuk pengguna Android di Indonesia. Aplikasi ini disebut Datally yang dapat membantu pengguna smartphone untuk mengontrol dan menghemat kuota internet. Datally bekerja dengan cara mematikan aplikasi yang menggunakan kuota internet di belakang sistem atau background.

Seperti yang sudah Anda ketahui, sebagian besar aplikasi di Android selalu aktif secara sembunyi-sembunyi. Aplikasi ini bukan hanya menyedot kuota saja tapi juga menyumbang borosnya pemakaian baterai ponsel.

Oleh karena itu, sejumlah aplikasi secara otomatis diblokir oleh Datally, sesaat setelah pemasangan. Namun, Anda masih bisa mengatur aplikasi yang dianggap penting dan boleh menggunakan kuota internet setiap waktu. Biasanya, aplikasi yang wajib selalu terhubung dengan internet ialah media sosial dan olah pesan instan.

Beberapa pengguna yang sudah menguji Datally mengatakan bahwa aplikasi ini mampu menghemat kuota internet hingga 30 persen. Hal ini dikarenakan Google sudah melakukan riset terhadap pengguna ponsel di Indonesia sebelum membuat Datally. Hasil riset menunjukkan bahwa pengguna ponsel di Indonesia banyak yang risau paket kuota internetnya cepat habis. Selain itu, Google juga mendapati jika pengguna ponsel di Indonesia tidak begitu mengerti dalam hal untuk apa saja kuota mereka digunakan dan mengalami kesulitan mengontrol pemakaian kuota pada aplikasi yang disukai.