Berita

Google Resmikan Android 8.0 Oreo

Pada bulan Mei 2017 lalu, Google resmi merilis Android O di ajang Google I/O 2017. Namun waktu itu, Google belum menamai Android O secara resmi sehingga perusahaan raksasa itu merencanakan tanggal waktu peluncuran Android O yang bersamaan dengan gerhana matahari total di Amerika Serikat. Seperti rumor yang beredar, akhirnya Goolgle mengungkap nama Android O yaitu Android 8.0 Oreo.

Pemberian nama ini menjadi kali kedua Google menggunakan nama yang diambil dari sebuah produk. Sebelumnya, Google pernah memberi nama platform Android pada Android 4.4 Kitkat. Pengumuman nama Android Oreo sendiri dilakukan bersamaan dengan momen gerhana matahari yang di gelar acara khusus di 14th Street Park, Manhattan, New York.

Lokasi peluncuran tersebut berada di seberang Pasar Chelsea, yang juga menjadi tempat pabrik Nabisco asli berada. Di sini jugalah Orea pertama ditemukan. Bukan hanya itu, peluncuran ini juga menjadi pertama kalinya untuk Google memamerkan patung maskot Android di luar perusahaannya.

Sebelumnya, patung maskot Android lainnya seperti permen lolipop raksasa, ice cream sandwich, serta jelly bean, selalu diletakkan di halaman kantor pusat Google yang berada di Mountain View, California.

Dalam acara peluncuran sendiri, Sagar Kamdar, selaku Director Product Management Android mengatakan alasan kenapa akhirnya nama Oreo yang terpilih untuk menjadi Android 8.0. Dia mengatakan keputusan tersebut karena banyak engineer Google yang lembur sambil mengemil Oreo dengan susu.

Artikel menarik:  WhatsApp Business Resmi Tersedia di Indonesia

Seiring dengan diumumkannya nama Android Oreo ini, Google juga menambahkan bahwa Android Oreo telah tersedia melalui Android Open Source Project. Kemudian, update lewat OTA juga akan segera di kirim ke perangkat Nexus dan Pixel. Selebihnya, saat ini Android Oreo sedang dalam pengujian operator.

Sementara itu, untuk perangkat dari vendor pihak ketika seperti General Mobile, Essential, HMD Global Home untuk Nokia Phones, LG, Motorola, Samsung, Sharp, Huawei, HTC, Kyocera, dan Sony, Google sudah menjanjikan Android Oreo tersedia pada akhir tahun ini.

Ada pun beberapa fitur baru yang tersedia pada Android Oreo adalah background limit untuk menghemat data dan baterai, picture in picture untuk menunjang produktivitas dalam 2 aplikasi pada satu waktu, notification channel dan dots untuk mempermudah akses ke hal-hal penting, dan keamanan yang diklaim lebih mumpuni. Bagi pecinta emoji, kabarnya akan ada lebih dari 60 emoji baru yang tersedia.