Google (pun) Membeli Layanan Streaming Musik Songza

Bukan cerita baru jika raksasa Google kerap mengakuisisi perusahaan lain yang dianggap sejalan dengan konsep bisnisnya. Kali ini yang menjadi daftar beli Google adalah Songza, sebuah layanan streaming musik yang tengah bertumbuh pesat.

Google (pun) Membeli Layanan Streaming Musik Songza

Menurut yang diberitakan Reutres, Rabu (2/7/2014), Google menyampaikan bakal mengeksplor beragam langkah untuk memadukan aspek Songza ke dalam service streaming musik perusahaan dalam beberapa bulan yang akan datang. Untuk sekarang ini, Songza tak akan merubah servicenya untuk pemakai.

Raksasa mesin pencari ini tak merinci jumlah perjanjian akuisisi. Tetapi sumber New York Post mengklaim bahwasanya Google tawarkan nilai akuisisi sebesar US$ 15 juta atau kurang lebih Rp 177, 7 miliar.

Adapun Google tetap belum ingin mengungkap jumlah karyawan Songza sekarang ini. Meski demikian, perusahaan menegaskan bahwasanya Songza selalu bekerja di basisnya di New York, Amerika Serikat.

Artikel berhubungan:  Selamat Tinggal #Nokia!

Pembelian Songza ini berselang sebulan sesudah Apple mengakuisisi perusahaan product audio serta layanan streaming musik, Beats, sejumlah US$ 3 miliar. Sama seperti Google, Apple juga mau memperkuat pijakannya di pasar musik.

Menurut Reuters, penjualan unduhan (download) musik digital alami penurunan dalam sebagian bln. terakhir. Di segi lain, service streaming musik seperti Pandora serta Spotify malah makin popular di kalangan konsumen.