Berita

Google Hapus 247 Aplikasi Penipu di Play Store

Entah kali ini tergolong kabar baik atau kabar buruk. Dari kabar beredar, Google disebut-sebut bakal menghapus beberapa aplikasi dari toko aplikasinya, Play Store. Jumlah aplikasi yang akan dihapus pun tidak sedikit. Tak tanggung-tanggung, Google akan menghapus sekitar 200 aplikasi yang ada di Play Store.

Google Hapus 247 Aplikasi Penipu di Play Store

Perusahaan Google sendiri tak serta merta menghapus aplikasi-aplikasi tersebut tanpa alasan yang kuat. Pemberantasan ratusan aplikasi tersebut dikarenakan adanya skema penipuan berbasis aplikasi mobile yang dioperasikan oleh MoPub. MoPub merupakan platform mobile iklan yang dimiliki oleh Twitter.

Kehadiran aplikasi-aplikasi tersebut diklaim memunculkan ‘ad fraud’ atau modus penipuan melalui iklan yang ditampilkan. Disebut-sebut, MoPub sendiri mampu menghasilkan lebih dari US$ 250 ribu atau sekitar 3,4 Milyar Rupiah per harinya.

Perusahaan keamanan Sentrant Security menyiapkan analis mereka untuk menginvestigasi skema ad fraud pada aplikasi-aplikasi tersebut. Dan hasilnya, terdapat 247 aplikasi yang memiliki konten ad fraud yang bebas di download secara gratis di Google Play Store. Aplikasi-aplikasi tersebut bahkan telah terinstal sebanyak 1.193.665 kali di perangkat Android. Sentrant Security telah memberi tahu Google untuk menghapus ratusan aplikasi penipu itu dari Google Play Store.

Artikel menarik:  Ini Dia 40 Smartphone Xiaomi yang Kebagian MIUI 9

Co-founder Sentrant Security, Hadi Shiravi menyatakan kalau Google memang akan menghapus aplikasi-aplikasi berkonten ad fraud tersebut. Namun, aplikasi yang sudah terinstal di perangkat Android tidak akan beresiko menyebarkan ‘infeksi’. Namun, pengguna disarankan melakukan uninstall aplikasi oleh mereka sendiri.

Ia juga mengungkapkan bahwa 247 aplikasi tersebut memang sudah memiliki skema paling canggih yang menargetkan aplikasi mobile di ratusan ribu perangkat. Dan kabarnya modus penipuan ini telah dikembangkan oleh perusahaan aplikasi mobile, Academ Media.

Pengguna aplikasi khususnya aplikasi-aplikasi yang free download, diharapkan agar lebih waspada dan lebih teliti lagi sebelum memasang aplikasi pada perangkat smartphonenya. Karena makin canggihnya teknologi, makin marak pula penipuan yang juga menjalankan skema yang canggih untuk mengelabui penikmat teknologi.

Apakah Anda akan meng-uninstall aplikasi-aplikasi yang termasuk dalam daftar hapus oleh Google?