Google Duo Kini Hadir di Indonesia

Google Duo secara resmi kini hadir di Indonesia. Aplikasi video call tersebut bisa dinikmati para pengguna di perangkat Android dan iOS, bahkan bisa digunakan lintas sistem operasi dan antar perangkat smartphone. Misalnya, pengguna Android dapat melakukan panggilan video dengan Google Duo kepada pengguna iOS, ataupun sebaliknya. Selain itu, kelebihan lain dari aplikasi ini menawarkan fitur video call yang ringan dan koneksi internet yang stabil.

Google Duo Kini Hadir di Indonesia

Berdasarkan survei yang dilakukan Google YouGov pada Juli 2016, sebanyak 19% dari netizen yang berusia 18 tahun ke atas di Indonesia melakukan video call melalui smartphone setiap hari. Dari angka tersebut, sekitar 80% responden mengatakan bahwa koneksi internet yang tidak stabil seringkali menjadi masalah, sementara 20% lainnya mengungkapkan bahwa video call belum maksimal ketika dilakukan antar perangkat yang berbeda.

Peluang tersebut lalu dimanfaatkan Google dengan menghadirkan Google Duo. Perbedaan dengan aplikasi video call yang sudah biasa digunakan adalah Google Duo mengutamakan kemudahan. Pengguna hanya perlu mendaftarkan nomor telepon untuk bisa mengadakan video call dengan orang-orang di daftar kontak. Dengan demikian, pengguna tidak perlu membuat akun secara terpisah. Pengguna cukup melakukan sign up dan membuka layanan video call.

Perbedaan berikutnya, Google Duo unggul dalam kecepatan. Koneksinya cepat sekalipun berjalan di koneksi jaringan yang lambat. Kualitas panggilan video akan mengikuti perubahan jaringan. Ketika bandwidth atau lebar frekuensi sinyal terbatas, resolusi gambar akan berkurang secara otomatis agar sambungan video tetap berjalan lancar. Aplikasi ini pun bisa berpindah dari Wi-Fi ke jaringan operator seluler dan sebaliknya, tanpa memutus panggilan.

Baca Juga :  Facebook Hadirkan Fitur Live Photos Bagi Para Pengguna iOS

Perbedaan lainnya, Google Duo hadir dengan desain ramah dan akrab. Pengguna dapat menggunakan fitur Knock Knock yang memungkinkan untuk melihat si penelepon sebelum menjawab panggilan sehingga bisa lebih tahu lebih dulu. Google Duo juga unggul dalam keamanan. Privasi para pengguna tetap terjaga karena semua panggilan diatur secara end-to-end encrypted. Dengan kata lain, semua panggilan dienkripsi sedari awal hingga akhir.

Google Duo merupakan salah satu inovasi terbaru yang diperkenalkan di konferensi tahunan Google I/O 2016 dalam rangka memberikan pengalaman terbaik untuk menelepon sambil bertatap muka. Google Duo menjadi solusi permasalahan koneksi dan perbedaan perangkat, sehingga pengguna dapat berbagi momen penting kapan pun dan di mana saja. Aplikasi video call tersebut kini bisa diunduh di Google Play Store ataupun Apple App Store mulai hari ini (16/08/2016) secara bertahap.

Share Button

Langganan Newsletter Gaptex

Dapatkan informasi terbaru seputar teknologi, gadget dan cara mendapatkan uang melalui internet langsung ke email Anda...

This information will never be shared for third part