Berita

Google dan Levi’s Kerja Sama Buat Jaket Pintar Seharga Rp 4,6 Jutaan

Teknologi wearable gadget bukan hanya jam pintar, fitnes tracker atau kacamata pintar saja namun saat ini variasinya semakin banyak tersedia hingga sepatu pintar bahkan ke pakaian. Salah satunya adalah jaket pintar hasil kolaborasi Google dan Levi’s. Kedua brand bertolak belakang produk tersebut bekerjasama untuk membuat konsep jaket pintar bernama Project Jacquard sejak dua tahun yang lalu. Akhirnya di tahun 2017 ini, Google dan Levi’s secara resmi memperkenalkan jaket pintar tersebut ke khalayak umum.

Google dan Levi’s Kerja Sama Buat Jaket Pintar Seharga Rp 4,6 Jutaan

Pihak Google dan Levi’s berencana meluncurkan jaket pintar berbahan denim. Jaket ini sebelumnya sudah pernah dibicarakan pada konferensi tahunan developer Google I/O tahun lalu. Dengan menggunakan teknologi Google Project Jacquard, jaket pintar tersebut di desain untuk pria maupun wanita yang bertujuan sebagai pakaian sehari-hari dan bisa punya kemampuan tambahan interaktif.

Levi’s menyebut produk jaket pintar tersebut dengan sebutan Commuter Trucker Jacket, berguna sebagai perpanjangan tangan dari smartphone yang terhubung melalui koneksi Bluetooth. Di bagian lengan kiri jaket, terdapat sebuah panel sentuh atau touch pad tipe kapasitif yang mampu merespon perintah berupa ketukan atau usapan di sepanjang permukaan jaket. Umumnya, pengguna jaket pintar ini nanti hanya perlu melakukan tap atau swipe pada lengan kiri saat ingin melakukan panggilan atau sekedar memutar musik.

Artikel menarik:  Ulefone Power 3 Max Hadir dengan Baterai 13000mAh!

Selain itu, panel sentuh di lengan jaket pintar tersebut mempunyai baterai yang dapat di isi ulang. Menurut Ivan Poupyrev, seorang Leader of Project Jacquard di Google, baterai itu mampu bertahan selama dua hari dalam satu kali charge. Pengguna jaket pintar harus mengunduh sebuah aplikasi khusus smartphone supaya dapat menyambungkan panel dengan smartphone, termasuk memanfaatkan berbagai fitur.

Contohnya untuk mengatur bila dua usapan dipanel sentuh yang berarti perintah untuk menyalakan musik. Namun sayangnya, jaket pintar ini tidak bisa berfungsi dengan baik bila dipasangkan dengan ponsel iPhone. Hanya smartphone Android saja yang bisa terkoneksi dengan panel sentuh jaket tersebut. Commuter Trucker Jacket buatan Google dan Levi’s ini kabarnya akan dibanderol dengan harga USD 350 atau sekitar Rp 4,6 juta.