Berita

Galaxy S9 Series akan Meluncur di MWC 2018

Setelah banyak beredar rumor dan spekulasi mengenai smartphone flagship berikutnya dari Samsung yaitu Galaxy S9. Sudah lama ditunggu, akhirnya pabrikan ponsel dari Korea Selatan itu telah mengumumkan pernyataan bahwa Galaxy S9 Series akan meluncur di MWC 2018 pada bulan Februari mendatang. Hal ini juga dibenarkan oleh Presiden Samsung Mobile, DJ Koh.

Penerus dari Samsung Galaxy S8 tersebut akan diluncurkan secara bersamaan dengan versi Plus-nya dalam ajang Mobile World Congress (MWC) 2018 yang berlangsung di Barcelona, Spanyol. Perhelatan akbar ini bakal digelar mulai dari 26 Februari hingga 1 Maret 2018.

Peluncuran Galaxy S9 dipasaran smartphone lebih cepat satu bulan dari perkiraan. Sebelumnya, perangkat flagship ini diprediksi bakal rilis sekitar bulan Maret nanti. Mengingat di seri sebelumnya, Galaxy S7 dan S8 pernah dirilis pada bulan yang sama.

Jika mengacu pada pola sebelumnya, ponsel Samsung akan dipasarkan dalam waktu satu bulan setelah tanggal rilis. Artinya, Samsung Galaxy S9 baru bisa dibeli mulai Maret 2018. Meski fitur di dalamnya dan kapan rilis sudah sedikit bocor, Samsung belum melaporkan rincian tentang tanggal rilis dan spesifikasi lengkap dari ponsel tersebut. Menurut Samsung, kedua hal tersebut akan disiapkan sebagai kejutan di bulan Februari.

Bocoran Spesifikasi
Menurut bocoran sebelumnya, Samsung Galaxy S9 dan S9 + dikabarkan akan mengusung desain bezel-less dengan layar infinity material Super AMOLED berukuran 5,8 inci. Sedangkan Galaxy S9+ menyematkan ukuran layar lebih besar, yaitu 6,2 inci.

Artikel menarik:  Smartwatch ‘Murah’ dari TAG Heuer Seharga Rp 15 Juta?

Dari sisi perangkat keras, kabarnya Galaxy S9 akan dilengkapi dengan RAM sebesar 4 GB. Sementara Galaxy S9+ hadir dengan RAM 6 GB. Penyimpanan internal keduanya sama-sama sebesar 64 GB dan mendukung slot Micro SD hingga 256 GB. Chipset yang diusung Galaxy S9 dan S9+ merupakan chipset andalan terbaru buatan Qualcomm yaitu Snapdragon 845.

Perbedaan lainnya, sensor sidik jari Samsung Galaxy S9 dan S9+ akan dipindahkan ke bagian bawah lensa kamera belakang, untuk memudahkan akses pengguna. Sebelumnya, Samsung sempat mendapatkan kritikan pada anaknya Galaxy S8 karena pemindai sidik jari diletakkan di sisi kanan lensa kamera dibelakang, dimana pengguna sulit dibedakan saat meraba.

Di seri Galaxy S9+, Samsung juga disebut bakal menyediakan kamera sekunder. Artinya, Galaxy S9+ akan mengusung fitur dual camera, begitu pula Galaxy Note 8. Sementara Galaxy S9 masih mengusung satu kamera di bagian belakang. Dari sisi audio, Galaxy S9 dan S9+ akan dilengkapi earphone besutan audio vendor AKG. Yang lebih menarik lagi, Galaxy S9 dan Galaxy S9+ masih menjaga jack earphone 3,5 mm.

Akankah ponsel pintar seri terbaru ini sesuai dengan rumor yang sudah ada? Atau bahkan jauh dari harapan? Mari kita tunggu bulan depan.