Berita

Galaxy S9 Akan Hadir Januari 2018, Ini Bocoran Spesifikasinya

Sampai saat ini sudah banyak bocoran informasi mengenai spesifikasi dari perangkat flagship Samsung Galaxy S9 dan versi Plus-nya. Salah satunya ialah mengungkapkan bahwa duo Galaxy S9 akan menyematkan rasio screen to body lebih tinggi ketimbang pendahulunya. Jadi, apabila Sobat Gaptex menganggap bingkai pada Samsung Galaxy S8 sudah sangat tipis, maka generasi terbaru ini memiliki bezel yang lebih tipis lagi.

Selain itu, fans Samsung tidak perlu menunggu lebih lama lagi untuk melihat bentuk yang disertai dengan spesifikasi Galaxy S9. Pasalnya, menurut situs VentureBeat, smartphone canggih ini akan dipamerkan pada ajang pameran elektronik tahunan CES (Consumer Electronic Show) bulan Januari 2018 mendatang, di Las Vegas, Amerika Serikat.

Kehadiran Galaxy S9 dan S9 Plus di CES 2018 nanti bakal menjadi moment pertama kalinya perangkat ini ditunjukkan ke publik. Sebelumnya, pasti banyak yang penasaran, bagaimana kira-kira tampilan Samsung generasi terbaru yang nantinya dipasarkan tahun depan itu. Namun sayangnya, meski dipamerkan lebih awal, bukan berarti Samsung resmi merilis keduanya. Sesuai tradisi pabrikan raksasa dari Korea Selatan itu, peluncuran seri Galaxy S tetap dilaksanakan di bulan Maret.

Spesifikasi Samsung Galaxy S9
Berdasarkan bocoran spesifikasi yang sudah tersebar luas di internet, Samsung Galaxy S9 dan versi Plus mengusung kode SM-G960 dan SM-965. Tapi, oleh internal Samsung, keduanya juga disebut sebagai sandi Star 1 dan Star 2. Kemudian dari segi desain, Galaxy S9 akan menyediakan layar infinity atau bezel less dengan teknologi Super AMOLED seluas 5,8 inch. sedangkan Galaxy S9 Plus akan mengusung ukuran layar yang lebih besar yaitu 6.2 inch. Kabarnya, duo ini memiliki aspek rasio hingga 90%, yang berarti lebih tinggi dari Galaxy S8 yang sebesar 84%.

Artikel menarik:  Qualcomm Snapdragon 845 Rilis, Chipset Mobile Terbaik Saat ini!

Dari segi dapur pacu, bocoran yang beredar mengungkapkan bahwa Galaxy S9 didukung oleh RAM 4 GB, sedangkan Galaxy S9 Plus dilengkapi dengan RAM 6 GB. Penyimpanan internal keduanya sama-sama mengusung 64 GB dan mendukung slot microSD. Chipset yang disematkan di dalamnya ialah chipset flagship terbaru besutan Qualcomm yaitu Snapdragon 845.

Perbedaan lainnya yang membedakan dengan Galaxy S8 ialah letak sensor sidik jari yang berpindah ke sebelah bawah lensa kamera belakang sehingga lebih mempermudah akses pengguna. Sebelumnya, Samsung memang mendapatkan kritikan pada Galaxy S8 karena fingerprint scanner diletakkan di sisi kanan sensor kamera belakang, yang mana penggunanya susah membedakannya ketika meraba.

Selain itu, di Galaxy S9 Plus, Samsung disebut-sebut akan memberikan kamera sekunder yang berarti perangkat ini akan mengung dual kamera seperti Galaxy Note 8. Sedangkan Galaxy S9 tetap menggunakan kamera tunggal di cover belakang.

Dari sisi audio, Samsung Galaxy S9 dan Plus juga didukung oleh earphone buatan vendor audio AKG. Lebih menariknya lagi, keduanya tetap mempertahankan port earphone 2.5 mm. Hal ini tidak dilakukan oleh pesaingnya, Apple, sejak merilis iPhone 7 yang tidak memiliki port earphone. Terlepas dari benar atau tidaknya rumor di atas, kita tunggu saja kedatangan Samsung Galaxy S9 pada Januari 2018 mendatang.