Galaxy Note 9 Jadi Smartphone Layar Lipat Pertama Samsung?

Dari tahun lalu, memang banyak rumor yang menyebutkan bahwa teknologi smartphone lipat bakal hadir pada tahun 2017 ini. Beberapa vendor pun saling berlomba-lomba untuk mengembangkan teknologi ini pada smartphone besutannya. Salah satunya ialah Samsung. Banyak rumor mengatakan jika Galaxy Note 9 jadi smartphone layar lipat pertama Samsung. Namun apakah benar rumor tersebut?

Perkembangan layar fleksibel sudah lama dilakukan oleh Samsung, tepatnya sejak tahun 2011 lalu dan rupa ponsel pertama dengan layar lipat sudah muncul ditahun 2013. Teknologi ini diperkirakan benar-benar terlaksana pada smartphone Samsung keluaran 2018 mendatang. Pabrikan asal Korea Selatan ini berencana merilis smartphone lipat dengan layar fleksibel di bawah lini Galaxy Note sehingga para pengamat teknologi mengira perangkat tersebut Galaxy Note 9.

Menurut Koh Dong-Jin selaku Presiden Unit bisnis mobile Samsung Electronics dalam acara peluncuran Galaxy Note 8 di Seoul, Korea Selatan, mengatakan bahwa target Samsung adalah tahun depan. Walaupun sudah menetapkan target, Koh menambahkan jika Samsung sebenarnya masih menghadapi beberapa kendala mengenai penggunaan layar fleksibel di smartphone.

Ia menambahkan jika pabrikan sudah dapat mengatasi masalah ini, pastinya Samsung akan meluncurkan produknya tanpa buang-buang waktu lagi. Namun apabila Samsung merasa masalah tersebut belum bisa teratasi, maka kemunculan smartphone dengan layar lipat yang dapat ditekuk-tekuk semaunya bisa jadi akan tertunda.

Artikel menarik:  ZTE Rilis Android dengan Layar Lipat Ganda

Bukan hanya itu, Koh juga mengatakan jika Samsung akan bekerja sama dengan pabrikan audio otomotif untuk mengembangkan speaker berbasis kecerdasan buatan atau Al. Speaker itu nantinya akan mampu diperintah lewat suara untuk memutar musik dan melakukan tugas lain.

Lain dari masalah smartphone lipat, Koh menjelaskan bahwa saat ini pemesanan Galaxy Note 8 telah mencatat 650 ribu Pre Order di Korsel. Bahkan respon pasar ini melebihi ekspektasi Samsung, walaupun harganya dipatok lebih mahal dibandingkan series sebelumnya.

Selain Samsung, beberapa vendor smartphone yang gencar mengembangkan teknologi layar lipat adalah LG Display yang sudah bermitra dengan Google, Apple, dan Microsoft untuk menciptakan tampilan panel yang bisa dilipat.