Berita

Galaxy A8 & Versi Plus Dirilis, Ponsel Dual-Selfie Pertama Samsung

Setelah banyak rumor yang beredar di dunia maya, akhirnya Samsung merilis smartphone terbarunya yang diberi nama Galaxy A8 dan A8 Plus versi 2018. Dua perangkat ini membawa spesifikasi berupa kamera selfie ganda, yang menjadikannya perangkat pertama dari Samsung yang mengusung itu. Keduanya juga menjadi suksesor dari Galaxy A7 2017 yang rilis bulan April tahun ini.

Baik Galaxy A8 maupun versi Plusnya sama-sama dibekeli fitur andalan yang menjadi nilai jual mereka yakni kamera selfie ganda di bagian depannya dengan sensor 16 MP dan 8 MP beraperture f/1.9. Agar makin mumpuni, hasil jepretannya dibekali oleh fitur live focus yang sebelumnya hadir dalam Galaxy Note 7 dan J7 Pro.

Teknologi live focus tersebut mampu menghasilkan efek background blur, yang berarti latar belakang tampak buram sedangkan objek utama tetap tajam layaknya jepretan kamera DSLR. Sedangkan untuk kamera belakangnya sendiri, Samsung memasang kamera beresolusi 16 MP dengan bukaan lensa f/1.7 dan autofocus. Stabilisasi digital pun ditambahkan untuk merekam video lebih mantap, sementara untuk mode Hyperlapse akan membantu mengembunkan sesuatu hanya pada intinya saja.

Beralih ke segi desain, Samsung Galaxy A8 (2018) dan Galaxy A8 Plus (2018) terlihat berbeda dibandingkan para pendahulunya karena sudah mengusung layar bezel less Infinity Display, yang sebelumnya diterapkan pada perangkat flagship Galaxy S8 dan Galaxy Note 8. Ada pula layar Super AMOLED di kedua perangkat dengan berukuran 5,6 inch dan aspek rasio 18,5:9 dan resolusi Full HD. Sedangkan pada Galaxy A8 versi Plus terdapat layar yang berukuran lebih besar yaitu 6.0 inch dengan aspek rasio dan resolusi sama.

Artikel menarik:  Samsung Galaxy A8 & A8 Plus Masuk Indonesia

Dari segi dapur pacu, baik Galaxy A8 atau versi Plus, sama-sama dipersenjatai prosesor octa core 2.2 GHz. Untuk yang versi standar akan memiliki RAM 4 GB dan memori internal 32 GB atau 64 GB dengan dukungan microSD sampai 256 GB, OS Android Nougat 7.1, dan baterai 3000 mAh. Sedangkan untuk versi Plus dibekali oleh RAM 4 GB atau 6 GB, memori internal 64 GB dengan dukungan microSD hingga 256 GB, OS Android Nougat 7.1 dan baterai 3500 mAh.

Kedua perangkat tersebut telah mendukung fitur fast charging dan sudah anti air serta anti debu berkat sertifikasi IP68. Menariknya lagi, keduanya juga mendukung Samsung Pay dan Gear VR. Meskipun baru dirilis, namun Galaxy A8 dan versi Plus rencananya akan mulai masuk ke pasar global pada Januari 2018 mendatang. Informasi soal wilayah penjualan beserta harga pun akan menyusul diumumkan.