Berita

G7X Mark III, PowerShot Pertama Canon Berkemampuan 4K?

Seperti yang diketahui, kamera Canon telah dikenal sebagai brand yang terkemuka di bidangnya sehingga banyak menghasilkan perangkat fotografi yang mengesankan. Salah satu lini produk kamera saku premium besutan Canon ialah PowerShot G7X yang sudah mencapai generai kedua pada Februari 2016 lalu.

Dua tahun berselang, Canon dikabarkan akan segera mengumumkan PowerShot G7X Mark III. Dugaan ini pun diperkuat berkat adanya serangkaian bocoran gambar kamera tersebut yang beredar luas di internet. Bocoran gambar menunjukkan sosok PowerShot G7X Mark III yang terlihat agak berbeda dari generasi sebelumnya dengan sisi-sisi yang lebih membulat.

Di bagian depannya terdapat lensa zoom 24-100 mm f/1.8-2,8 IS (full frame setara) yang serupa dengan yang ada sebelumnya dari PowerShot G7X Mark II. Spesifikasi lain yang diduga termasuk sensor 1 inci, konektor tipe USB C, jack mikrofon, port HDMI, dan tekuk layar yang cenderung memakai bahan OLED. Kemudian, ada juga dugaan bahwa PowerShot G7X Mark III mampu merekam video 4K (50p).

Jika benar, maka PowerShot G7X Mark III sekaligus akan menjadi model pertama di jajaran kamera PowerShot yang mampu merekam video resolusi UHD ini. Sayangnya, bocoran foto di atas belum tentu benar. Setelah diselidiki lebih lanjut, diketahui bahwa gambar sayap dan pesawat yang ditampilkan di layar berasal dari layanan foto stok Unsplash. Namun, mungkin juga hasil rendering 3D dari desain kamera yang belum final.

Artikel menarik:  Kamera Mirrorless Fujifilm X-H1 Targetkan Para Videografer

Untuk melihat spesifikasi dari PowerShot G7X Mark III, mungkin tidak jauh beda dengan generai kedua, dimana Powershot G7X II adalah salah satu jenis kamera compact yang yang memiliki sensor besar dan lensa zoom yang cepat. Ini membuat kamera lebih serbaguna dibanding smartphone Anda, dan mampu menghadirkan gambar berkualitas lebih baik. Powershot G7X II mungkin paling baik dilihat sebagai langkah antara smartphone dan kamera mirrorless atau DSLR. Perangkat serupa lainnya dalam kategori ini termasuk Sony RX100 IV dan Panasonic ZS100, yang masing-masing memiliki kelebihan tersendiri.

Fitur utama dari G7X II mencakup sensor CMOS 1-inci 20-megapikselnya, lensa ekuivalen 24-100 mm F1.8-F2.8, rentang ISO yang mencapai hingga 12.800, dan Wi-Fi built-in. Namun, G7X asli, yang diluncurkan pada tahun 2014, juga terlihat bagus di spesifikasi, namun sedikit memiliki kekurangan.

Sementara itu, Canon Powershot G7X II terasa sangat kokoh berkat konstruksi logamnya. Meskipun cukup kecil untuk dikantongi, berat 319 g (11,3 oz) mungkin juga terasa berat di celana Anda, jadi mungkin sebaiknya dibawa dengan saku jaket atau tas. Karena lensa akan menonjol saat Anda menyalakan kamera, yang kinerjanya bagus dan cepat, yang berarti Anda tidak akan kehilangan banyak kesempatan foto.