Fungsi Ethernet Card Pada Jaringan Komputer

Ethernet card atau LAN card merupakan salah satu hal vital pada sebuah jaringan komputer. Lalu apa fungsi sesungguhnya dari ethernet card itu? Ethernet Card atau lancard berfungsi sebagai media penghubung antara komputer dengan jaringan. Ada beberapa jenis port koneksi yang dapat digunakan.

pengertian ethernet card

Jika didesain untuk kabel jenis coaxial maka konektor yang dipakai adalah BNC (Barrel Nut Connector atau Bayonet Net Connector). Sementara jika didesain untuk kabel twisted pair maka konektor yang dipakai adalah konektor RJ-45.

Sejarah Penggunaan Ethernet Card
Ethernet merupakan keluarga tehnologi jejaring computer untuk jaringan lokasi setempat (LAN). Eternet mulai merambah market pada th. 1980 serta dibakukan pada th. 1985 untuk IEEE 802.3. Eternet sukses menggantikan kabel tehnologi LAN yang turut bersaing lainnya.

Pengertian Konektor RJ-45
Konektor RJ-45 adalah jenis konektor yang digunakan untuk instalasi jaringan dengan menggunakan kabel UTP. Konektor RJ-45 berfungsi menghubungkan kabel UTP dengan perangkat jaringan yang menggunakan protokol ethernet, baik itu komputer maupun alat penghubung antar jaringan seperti router.

Artikel menarik:  5 Smartphone Android Murah dengan Layar Anti Pecah

Hub & Switch
Sementara itu, Hub & Switch yang kerap disebut sebagai Konsentator adalah perangkat untuk menyatukan kabel-kabel jaringan dari tiap workstation, server atau perangkat lainya. Konsentator biasa dipakai pada topologi star. Hub dan switch umumnya mempunyai port RJ-45 sebagai port tempat menghubungkan komputer. Perbedaanya, switch merupakan konsentator yang memiliki kemampuan manajemen trafik data lebih baik dibanding hub.

Semoga bermanfaat!