Facebook Bakal Punya Peta Canggih Berbasis AI

Facebook telah mengumumkan bahwa mereka akan meluncurkan pada tahun ini sebuah peta canggih yang mampu memetakan tempat-tempat dimana orang-orang tinggal. Raksasa jejaring sosial tersebut telah menggunakan software kecerdasan buatan (articial intelligence / AI) untuk memindai gambar-gambar dari satelit dan mengidentifikasi kenampakan-kenampakan buatan manusia. Mereka berharap, informasi yang dikumpulkan dari peta canggih itu akan bisa menentukan apakah drone internet yang tengah mereka kembangkan, Aquila, perlu dioperasikan atau tidak di tempat-tempat tertentu.

Facebook Bakal Punya Peta Canggih Berbasis AI

Meski begitu, Facebook mengatakan bahwa peta canggih ini bakal bisa digunakan oleh pihak lain juga. Peta canggih ini akan sangat berguna untuk riset sosio-ekonomi serta perkiraan dampak bencana alam, demikian dikatakan di blog mereka. Berbagai pihak pun menyambut baik pengembangan teknologi ini, termasuk British Red Cross Charity, yang berharap peta ini akan bisa membantu mereka menemukan secara lebih akurat populasi-populasi rentan. Organisasi-organisasi yang saling berbagi data secara demikian terbuka akan memungkinkan sektor kemanusiaan dan penanganan bencana untuk merespon keadaan dengan lebih cepat.

Namun, peta canggih Facebook bukan tanpa pro dan kontra. Berbagai pihak juga mengkritik teknologi ini akan sangat mengganggu isu privasi pribadi. Sebab, peta ini bisa saja digunakan untuk mengumpulkan data alamat tempat tinggal orang-orang.

Baca Juga :  Remake Final Fantasy VII Menerapkan Konsep Episodik dan Real-Time Battle System

Pada Mobile World Congress 2016 kemarin, Facebook mengklaim bahwa mereka telah menganalisa lebih dari 14,6 milyar gambar dari satelit yang mencangkup 20 wilayah negara, semuanya setara dengan sekitar 350 TB data. Dikatakan lebih lanjut, kekuatan peta ini sangat mendetail, lebih tinggi daripada Gridded Population of the World, yang merupakan proyek dengan ide serupa yang dikembangkan oleh Columbia University. Peta Facebook ini mampu mendeteksi struktur bangunan sekecil tenda sekalipun.

Facebook berencana untuk menggunakan peta tersebut sebagai bagian dari proyek Internet.org, sebuah proyek yang bertujuan untuk menyediakan koneksi internet bagi semua orang. Facebook saat ini masih mengembangkan drone Aquila yang dibuat untuk memancarkan sinyal internet dengan cakupan area yang luas.

Share Button

Langganan Newsletter Gaptex

Dapatkan informasi terbaru seputar teknologi, gadget dan cara mendapatkan uang melalui internet langsung ke email Anda...

This information will never be shared for third part