Eng Ing Eng Kiamat Internet Indonesia!

Sejak beberapa hari lalu, beredar kabar cukup deras tentang kiamat internet Indonesia. Tentu saja, Anda yang mendengar berita ini dan peduli dengan akses internet akan mencari tahu informasi lebih lanjut. Nah, kami mencoba memberikan informasi yang lengkap dan seakurat mungkin mengenai isu ini khusus bagi Anda para pembaca setia Gaptex.

Eng Ing Eng Kiamat Internet Indonesia

Awal Kisah
Isu kiamat internet di Indonesia beawal dari kasus yang menjerat mantan direktur IM2, Indar Atmanto, yang divonis delapan tahun penjara dan denda Rp 300 juta subsider kurungan enam bulan oleh Pengadilan Tinggi DKI Jakarta. Vonis tersebut adalah buntut dari kasus tuduhan korupsi pengadaan jaringan 2,1 GHz/3G di PT Indosat.

Nah, yang jadi soal Model usaha serupa yang dipakai IM2 dan Indosat juga digunakan oleh beberapa penyedia layanan service internet di Indonesia, yang jumlahnya kira-kira lebih 200 ISP. Kemenkominfo serta Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) sendiri telah mengeluarkan pernyataan serta pembelaan yang menyebutkan bahwa apa yang dijalankan IM2 serta Indosat tidak menyalahi regulasi yang berlaku di Indonesia.

Apesnya, permohonan kasasi ke MA oleh Indar Atmanto ditolak dan kini ia harus mendekam di LP Sukamiskin Bandung. MA juga menghukum IM2 dengan membayar uang pengganti Rp 1,3 triliun.

Artikel menarik:  GoPro Hero 6 & Drone Karma Masuk ke Indonesia, Harganya?

Isu Kiamat
Para penyelenggara layanan internet, seperti Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), Pengelola Nama Domain Indonesia (Pandi), serta Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI), cemas bila masalah yang ditimpakan pada Indar itu juga dilayangkan ke mereka. Anda bayangkan saja melakukan bisnis yang diijinkan tetapi kemudian dijebloskan ke penjara! What the hell!

Kapan Internet Kiamat?
Ketua Umum APJII, Semmy Pengerapan menyebutkan bahwa dalam minggu ini, pihaknya akan mengirim surat kepada Mahkamah Agung untuk meminta fatwa, apakah skema bisnis seperti IM2 dan Indosat itu menyalahi aturan atau tidak. Jika jawaban dari MA dianggap tidak melindungi bisnis mereka, maka seluruh ISP di Indonesia akan menghentikan layanan internetnya.

Lalu apa yang terjadi? Anda dan saya, dan kita semua tak memiliki akses internet seperti 20 tahun yang lalu. Mau?

Semoga saja MA bijak dan presiden ikut campur agar urusan ini cepat selesai!