Berita

Dell Rilis Monitor 8K Pertama di Dunia

Saat ini diketahui resolusi layar paling tinggi yaitu 4k, dan sudah banyak peralatan elektronik yang mengusung resolusi tersebut seperti televisi, laptop bahkan smartphone. Namun sekarang kejutan datang dari salah satu vendor ternama dari Amerika yakni Dell, yang merilis monitor beresolusi 8K pertama di dunia. Hal ini sungguh diluar dugaan, karena biasanya pelopor teknologi terbaru di sebuah layar monitor atau TV ialah LG dan Samsung.

Dell Rilis Monitor 8K Pertama di Dunia

Memang, Samsung, LG dan Dell sama-sama mengumumkan monitor 8K saat ajang Consumer Electronics Show (CES) beberapa waktu lalu. Namun hanya merk Dell saja yang serius meluncurkan monitor seluas 31,5 inch dengan resolusi 8K Ultra HD yang akan dijual seharga $5000 atau setara dengan Rp 67 juta. Rencananya monitor ini akan dikirimkan secara publik pada pertengahan April nanti. Pihak Dell sendiri menamakan produk anyar mereka dengan nama Dell UltraSharp 32 8K Monitor.

Sesuai dengan namanya 8K, monitor ini memiliki resolusi 7680 x 4320 pixel yang akan menampilkan gambar dengan sangat realistis dan super jernih. Selain itu, resolusi 8K terdapat 33,2 juta pixel yang tersemat di dalamnya sehingga penikmat konten tidak akan melewatkan detail yang sangat kecil dari setiap gambar. Jumlah pixel tersebut sama halnya dengan empat buah layar 4K dalam satu monitor. Monitor ini memiliki kepadatan hingga 280 ppi lebih rapat dan tajam daripada warna dari layar iMac 5K Retina Display.

Artikel menarik:  Laptop Chipset Smartphone? Perkenalkan Asus NovaGo & HP Envy x2

Bukan hanya jumlah pixel yang banyak dan kecanggihan resolusi layarnya, Dell juga memberikan tampilan desain yang sangat stylish dan modern. Bingkainya terbuat dari bahan aluminium yang dapat di atur sesuka hati pengguna menjadi pan, tilt, atau swivel. Monitor ini mampu menampilkan 100% warna spektrum Adobe RGB, sRGB, dan Rec709. Dell mengaku telah mengkalibrasi setiap monitor sehingga akan memiliki akurasi warna yang sangat tinggi.

Dengan harga semahal itu, Dell UltraSharp 8K ini tentunya di targetkan untuk para pengguna profesional yang membutuhkan monitor dengan kecermatan warna dan gambaran visual yang natural. Contohnya untuk para fotografer, desaigner, developer perangkat visual, seniman digital dan sebagainya.