Definisi Root dan Rooting Pada Ponsel Android

Sobat gaptex, kali ini kita akan membahas salah satu terminologi yang cukup populer di kalangan pengguna smartphone Android, yaitu “root” atau “rooting”. Jika Anda sering mendengarnya tetapi tidak mengetahui apa arti dari istilah tersebut atau mungkin sama sekali belum pernah mendengarnya tetapi ingin mengetahuinya, simak terus artikel ini secara lengkap.

Proses dan istilah Root atau rooting pada umumnya lebih ‘marak’ diperuntukkan bagi ponsel android segmen low-end atau medium-end yang lebih banyak membutuhkan perlakuan khusus agar berfungsi lebih optimal, meski juga tidak menutup kemungkinan dilakukan pada ponsel android high-end yang premium dan mahal.

Pengertian Root & Rooting
Secara harafiah, root adalah suatu tindakan dimana pengguna secara keseluruhan mengambil alih hak cipta pada sebuah ponsel. Proses root lebih umum dikenal di ponsel dengan os Android. Fungsi utama dari root adalah untuk melakukan modifikasi termasuk menambah dan mengurangi file-file bawaan yang ada pada sebuah ponsel android standar. Singkat kata, ‘root’ adalah istilah yang merujuk kepada hak administratif pengguna. Sementara ‘rooting’ adalah aktivitas ‘rot’ seperti yang digambarkan barusan.

got root

Seluk-Beluk Root
Jika diibaratkan sebagai sebuah fitur, maka root tidaklah default ditemukan pada ponsel android. Pemilik ponsel android membutuhkan sebuah metode khusus agar dapat memperoleh akses administratif (diistiilahkan “melakukan rooting’). Hal tersebut bertujuan untuk melindungi sistem operasi Android secara keseluruhan pada sebuah ponsel dari aksi-aksi yang tidak disengaja oleh penggunanya. Dengan demikian, pada ponsel standar, tidak semua file dapat dimodifikasi oleh penggunanya. File-file penting akan secara aman diproteksi oleh sistem yang dibangun, tidak seperti sisitem yang sudah di “root”, dimana seluruh isi file dapat dimodifikasi sedemikian rupa.

Keuntungan Root
Meski ‘root’ tidak serta-merta meningkatkan performa sebuah ponsel android, pada kenyataannya ‘rooting’ memiliki banyak manfaat dan keuntungan bagi penggunanya. Berikut beberapa keuntungan melakukan rooting :
1. Hak penuh atas sistem operasi Android.
2. Mempercepat system kinerja Android (jika dilakukan modifikasi pada sistem).
3. Mampu menginstall file dan program apapun yang membutuhkan akses root seperti App2SD
4. Dapat menginstall custom ROM
5. Dan lain sebagainya

Keuntungan-keuntungan tersebut akan sangat bermanfaat bagi ponsel low-end atau medium-end yang misalnya saja memiliki memori internal yang kecil sehingga perlu ‘dilegakan’. Selain itu, penggunaan custom ROM biasanya juga akan meningkatkan kinerja sebuah ponsel. Custom ROM adalah sistem operasi alternatif yang dibuat oleh komunitas (tidak resmi), yang biasanya sudah mengalami modifikasi disana-sini yang ditujukan untuk meningkatkan performa ponsel.

Kerugian Root
Kerugian paling utama dari proses ‘root’ atau ‘rooting’ adalah hilangnya garansi remi dari vendor. Pada umumnya, setiap pabrikan yang mengeluarkan ponsel akan menolak klaim garansi yang diajukan oleh sebuah ponsel yang sudah mengalami rooting. Alasannya adalah karena software dan hak akses yang sudah ‘dijebol’ oleh pengguna disinyalir dapat menimbulkan kerusakan. Meski demikian, kerugian ini dapat diatasi dengan cara melakukan ‘unroot’ sesaat sebelum Anda mengajukan klaim garansi. Dengan proses ‘unroot’, maka ponsel akan kembali kepada kondisi sedia kala tanpa meninggalkan jejak apa pun.

Kerugian lain dari ‘root’ adalah menyangkut masalah keamanan dan stabilitas kerja ponsel. Bagaimana pun, os bawaan original sudah mengalami pengujian dan pertimbangan yang matang sebelum dimasukkan pada sebuah ponsel.

Cara Melakukan rooting
Setiap model dan merek ponsel android memiliki cara yang berbeda-beda ketika hendak dirooting. Agar lebih jelas mengetahui porses rooting dan apakah ponsel Anda sudah bisa atau belum diroot, ada baiknya Anda berkunjung ke forum-forum ponsel yang banyak tersedia di internet.

Pada umunya, untuk melakukan root, Anda akan membutuhkan 2 buah file atau program yang bernama aplikasi `Super User` dan `Update.zip`.

Kesimpulan
Root memberikan banyak keuntungan bagi pemilik ponsel segmen low-end dan medium-end dimana dibutuhkan banyak optimasi agar performancenya maksimal. Dengan proses root, dapat melakukan uninstall aplikasi-aplikasi bawaan pabrik yang tidak berguna dan hanya memenuhi memori ponsel. Meski demikian, bagi pengguna yang ‘super’ gaptex, kadangkala root membutuhkan pembelajaran yang sedikit sulit ditambah waktu yang sedikit lebih banyak untuk diluangkan. Bagaimana pun, pilihan root atau tidak me-root ponsel terletak di tangan masing-masing. Selalu ukur manfaat dan ketidakmanfaatannya.

Share Button

Info Teknologi Terbaru:

root adalah istilah yang dikenal pada os phone, pengertian root, pengertian root android, pengertian root pada android, definisi umum tentang ponsel, rooting adalah, pengertian rooting di OS, istilah root dalam bbm, root adalah istilah internet, pengertian ponsek