Daftar Kode Status HTTP Error Beserta Artinya

Kode status HTTP adalah tampilan berupa kode yang kerap muncul ketika kita sedang melakukan penjelajahan internet via web browser (seperti Chrome, Mozilla, Opera, dsb). Format kode status adalah 4xx dan 5xx. Kode status muncul apabila terjadi masalah ketika browser sedang menampilkan sebuah laman.

Daftar Kode Status HTTP Error Beserta Artinya

Setiap kode memiliki arti masing-masing. Nah, berikut daftar kode eror HTTP beserta artinya :

400 = Bad Request
Kode ini berarti permintaan yang Anda kirimkan ke server sebuah website memiliki kesalahan. Server tidak memahami permintaan Anda sehingga muncullah kode error 400.

401 = Unauthorized
Kode 401 menandakan bahwa halaman yang sedang Anda akses tidak bisa dibuka kecuali Anda memasukkan username dan password yang benar. Pesan 401 kerap muncul pada halaman yang membutuhkan authentikasi dengan hak akses hanya dibatasi bagi orang-orang tertentu saja.

403 = Forbidden
Kode 403 merupakan kode yang berarti bahwa halaman yang sedang Anda buka sepenuhnya terlarang. Anda tidak memiliki akses untuk halaman yang sedang Anda buka.

404 = Not Found
Eror kode yang umum terjadi dan dialami adalah 404 yang berarti laman yang sedang dibuka tidak diketemukan di server. Biasanya laman tersebut sudah berpindah atau dihapus.

408 = Request Timeout
Kode 408 muncul ketika permintaan yang Anda lakukan tidak sempurna dalam jangka waktu tertentu. Anda dapat melakukan refresh apabila pesan ini muncul. Request time out dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, baik dari sisi server maupun pengguna.

Artikel menarik:  Pengertian Brainware

500 = Internal Server Error
Kode 500 menunjukkan kesalahan sepenuhnya pada sisi server dimana sesuatu yang tidak semestinya terjadi di server tanpa penjelasan yang spesifik.

502 = Bad Gateway
Bad Gateway berarti terjadi respon yang salah antar satu server dengan server lainnya. Pesan ini juga kerap muncul pada halaman setelah form akibat kesalahan script ataupun laman redirect yang dituju.

503 = Service Unavailable
Pesan error 503 kerap muncul ketika sebuah website sedang melakukan maintenance (pemeliharaan) atau overloading. Pesan 503 bersifat sementara dan segera hilang ketika proses yang sedang terjadi selesai.

504 = Gateway Timeout
Kode ini merupakan pertanda bahwa gateway (koneksi server to server) mengalami keterlambatan ketika diakses. Proses yang memakan waktu lebih lama dari yang seharusnya akan menampilkan status gateway timeout.

Semoga bermanfaat!