Corning Gorilla Glass 5 Ternyata Mudah Tergores?

Pada tanggal 17 Agustus 2016, seorang youtuber dengan nama akun JerryRigEverything mengunggah sebuah video pengujian layar Samsung Galaxy Note 7. Sebagaimana diketahui, layar smartphone flagship tersebut diproteksi pelapis terbaru Corning Gorilla Glass 5 yang diklaim mampu memberikan perlindungan anti gores dan anti pecah yang lebih maksimal.

Corning Gorilla Glass 5 Ternyata Mudah Tergores

Dalam video berdurasi 4 menit 51 detik tersebut, terlihat bahwa layar smartphone dibagi tujuh bagian dengan menggunakan label. Pengujian dilakukan dengan empat benda tajam yang memiliki tingkat kekerasan dari 3, 4, 5, sampai dengan 6 Mohs. Namun kenyataannya, baru dimulai dengan benda tajam 3 Mohs, layar Samsung Galaxy Note 7 sudah langsung tergores.

Hal ini tentunya berbeda dengan klaim Corning yang menyatakan bahwa Gorilla Glass 5 mampu menahan goresan hingga level 5 Mohs. Terlebih lagi, saat bekas goresan dicoba untuk dilap dengan kain sintetis, bekasnya tetap tidak hilang. Ada yang beranggapan bahwa goresan tersebut adalah serpihan logam benda tajam, namun kenyataannya tak hilang saat dibersihkan.

Menanggapi pengujian yang dilakukan, Jaymin Amin dan Jon Pasansky dari pihak Corning angkat bicara. Menurut juru bicara pihak Corning tersebut, Gorilla Glass 5 dipastikan punya tingkat kekuatan sangat tinggi yang tidak akan tergores dalam skala 5 hingga 6 Mohs. Lebih lanjut, pengujian yang dilakukan dalam video itu tidak sesuai dengan standar industri.

Artikel menarik:  Pengertian Linux

Memang benar, benda tajam yang digunakan memiliki ukuran kekerasan seperti pengujian terhadap Corning Gorilla Glass 5 sebelumnya. Namun demikian, metode pengujian dalam video yang dimaksud dilakukan dengan cara yang tidak terkontrol. Tidak terkontrol di sini dalam artian gerakan menggores layar dilakukan dengan parameter tekanan yang tidak sama.

Berkaitan dengan goresan di layar Samsung Galaxy Note 7, pihak Corning menjelaskan bahwa hal tersebut bisa jadi merupakan transfer materi atau ujung logam yang meluruh dan menempel di kaca. Ditambahkan pula bahwa transfer materi ini sangat sulit dibersihkan, bahkan dengan kain sintetis, sehingga tetap menghalangi tampilan layar dalam bentuk tampilan goresan.

Corning tetap kukuh pada pendiriannya bahwa Gorilla Glass 5 adalah pelindung terbaik untuk layar smartphone saat ini. Corning tidak terima produk terbarunya disebut mudah tergores dan setingkat lebih tinggi daripada plastik. Sementara itu, akun JerryRigEverything dalam channel-nya menawarkan pengujian ulang bersama Samsung atau Corning untuk membuat video ulang.