Berita

Coolpad Rilis Smartphone Cool Dual di Indonesia

Smartphone Android dari Coolpad baru saja meluncur di Tanah Air. Kabar perilisan ini memang sudah berhembus sejak lama jika Coolpad akan Rilis ponsel kamera ganda di Indonesia, (namun bukan perangkat Cool 1 namanya, melainkan Cool Dual. Tidak seperti kebanyakan ponsel dual kamera yang dibanderol dengan harga selangit, Cool Dual justru tergolong menengah yakni Rp 3,2 juta.

Coolpad Rilis Smartphone Cool Dual di Indonesia

Peluncuran Cool Dual ini di adakan pada hari Kamis, 27 April 2017 di Jakarta dengan membawa serangkaian fitur yang terbilang komplit, termasuk kamera ganda 13 MP dan sensor pemindai sidik jari. Namun, satu fitur yang tertinggal yaitu tidak adanya slot microSD untuk ekspansi media penyimpanan.

Menurut Jeff Liu selaku CEO Coolpad Group, mengatakan bahwa pihak mereka sengaja tidak menyematkan slot microSD karena merasa penyimpanan eksternal tersebut kurang bisa di andalkan dan dapat membahayakan data pengguna. Ketika Anda memindahkan data di dalamnya, data jadi rawan hilang karena crash dan sebagainya. Sebagai gantinya, Coolpad telah menyediakan memori internal sebesar 64 GB dan memang masih dirasa kurang, pengguna dapat menyimpan data di Cloud Storage.

Artikel menarik:  U11 Eye, Smartphone HTC Pertama Usung Dual Kamera Selfie

Menjadi kelebihannya, Cool Dual dibekali dual kamera 13 MP + 13 MP pada bagian belakangnya. Kamera pertama dapat menangkap foto berwarna, sedangkan kamera kedua bisa menjepret hasil monokrom. Hasil tangkapan tersebut akan digabungkan dalam satu frame. Teknik ini diklaim mampu meningkatkan kualitas hasil akhir foto dengan menampilkan detail lebih tinggi, serta menekan tingkat noice untuk mencerahkan gambar.

Sensor yang digunakan oleh Coolpad Cool Dual yaitu Sony BSI (backside illumination), sedangkan lensa yang dimilikinya sebanyak 6 lapisan dan bukaan diafragma sebesar f/2.0 dan teknologi PDAF. Untuk kamera depannya telah tersedia sensor 8 MP dengan lensa bukaan f/2.2.

Coolpad Cool Dual mempunyai bentang layar seluas 5,5 inch dengan resolusi Full HD. Performanya cukup menjanjikan karena dilengkapi dengan chip Snapdragon 652 yang dipadukan dengan RAM 3 GB. Spesifikasi lainnya yaitu baterai 4.000 mAh dan sistem operasi Android Marshmallow.