Cara Wiping Blackberry Tanpa Software Khusus

Semakin lama digunakan, seharusnya kinerja blackberry Anda semakin lemot saja, bukan? Anda tidak sendirian untungnya. Sebab hampir seluruh pengguna blackberry mengalami apa yang Anda alami. Dan kalau sudah begitu, kadang-kadang kita harus dibuat galau dan kesal karena jam pasir yang muncul terus-menerus ketika blackberry kesayangan sedang digunakan. Salah satu solusi paling gampang untuk mengatasi kondisi ini adalah dengan melakukan wiping pada blackberry Anda agar kembali ke posisi ketika pertama kali ia Anda beli dahulu.

Sebetulnya, lemotnya blackberry Anda bisa jadi dikarenakan oleh penggunaan memory internal yang sudah melampaui limit. Jangan heran, meski Anda sebenarnya tak memiliki aplikasi macam-macam, tapi toh memory internal bb Anda akan habis juga. Penyebabnya adalah karena banyak sekali history dan cache pada blackberry yang semakin hari semakin banyak, yang sebetulnya tidak telalu penting sudah memenuhi blackbery. Sayangnya cache dan history tersebut tak bisa Anda buang secara manual.

Wiping Blackberry boleh disebut sebagai solusi paling cepat dan mudah agar internal memory bb Anda kembali lega. Semakin lega memory internal sebuah bb, diatas kertas seharusnya semakin kencang pula bb tersebut bekerja. Ada sebuah cara wiping blackberry tanpa software khusus yang dapat kita lakukan dengan mudah, yaitu melalui menu yang disediakan secara default pada blackberry kita.

Sebelum melakukan proses wiping, ada baiknya kita melakukan full backup menggunakan blackberry desktop manager software. Jika belum punya, Anda dapat mendownloadnya langsung di situs Blackberry. Fungsi dari backup adalah menyelamatkan data penting yang tersimpan dalam bb kita, meliputi kontak bbm, kontak telpon, percakapan bbm, sms dan lain sebagainya. Sayangnya, tidak ada opsi untuk membackup applikasi pihak ketiga sehingga harus Anda download dan install manual setelah proses wiping selesai. Tapi hal ini tentu tidak menjadi masalah, selama data penting bisa terlindung dengan baik, bukan?

Artikel berhubungan:  [List] Kode Error Printer Canon MP 237 dan Artinya

Untuk melakukan backup, jalankan software blackberry desktop di komputer Anda. Colokkan bb Anda, kemudian pilih menu backup. Simpan file di lokasi yang mudah Anda ingat.

Jika sudah, cabut kabel data dan mulailah melakukan proses wiping. Menu wipe blackberry dapat Anda temukan pada menu Options, Security, Security Wipe (OS 5). Untuk OS diatas itu, Anda bisa mencarinya di device, security dan wipe. Jika sudah ketemu, pilihlah menu itu dan biarkan blackberry Anda menyelasikan proses wiping hingga tuntas. Proses ini bisa berlangsung cukup lama sehingga Anda harus bersabar menunggunya hingga betul-betul tuntas.

Tanda dari proses wiping yang sukses adalah ketika BB restart dan menampilkan menu dan gambar default pabrikan persis seperti kondisi Anda beli pertama kali (kalau dulu Anda belinya baru, ya, hehe). Kalau sudah, langkah terakhir yang harus dilakukan adalah restore dengan data backup yang sudah Anda simpan dengan baik sebelumnya. Lakukan proses restore dengan mencolokkan kembali kabel data dan menjalankan program blackberry desktop manager di PC Anda.

Setelah restore, kini seharusnya blackberry Anda berkurang atau malah hilang sama sekali lemotnya. Anda bisa memeriksa berapa internal memory Anda sekarang dan membandingkan ukurannya dengan saat ketika proses wipe belum dilakukan.

Semoga artikel ini bermanfaat!