Seputar Tekno

Cara Unroot Perangkat Android Dengan Mudah

Root terbilang cukup populer di kalangan pengguna Android karena memungkinkan akses serta penggunaan fitur-fitur yang lebih mendalam. Akan tetapi, yang sering menjadi masalah adalah, root akan menghanguskan garansi perangkat Anda. Root juga menyebabkan sistem operasi perangkat Android Anda jadi tidak bisa di-update. Dengan rilis terbaru Android Marshmallow, serta Android N yang sudah lumayan menghebohkan, Anda mungkin ingin mendapatkan versi sistem operasi terbaru tersebut. Lantas, bagaimanakah cara unroot perangkat Android? Jangan khawatir! Ada beberapa metode yang bisa Anda coba lakukan.

Cara Unroot Perangkat Android Dengan Mudah

1. Unroot dengan aplikasi SuperSU
Aplikasi SuperSU merupakan aplikasi yang banyak digunakan untuk melakukan root terhadap perangkat Android. Namun, fungsinya tidak terbatas disana saja. SuperSU disukai karena mendukung berbagai fungsi lain, termasuk fungsi unroot. Bila Anda melakukan root dengan SuperSU, Anda tentu tidak perlu lagi pusing ketika harus melakukan unroot.

Cara Unroot Perangkat Android Dengan Mudah 1

Proses unroot dengan SuperSU pun sangat ringkas. Anda cukup membuka aplikasi tersebut lalu menuju ke tab Settings. Scroll ke bawah, lalu pilih Full Unroot. Anda tinggal mengikuti instruksi-instruksi selanjutnya. Setelah proses selesai, silahkan restart perangkat Anda. Beres!

2. Menggunakan aplikasi unroot tertentu

Cara Unroot Perangkat Android Dengan Mudah 2

Anda tidak menggunakan SuperSU? Tidak apa, Anda bisa menggunakan aplikasi lain yang didesain khusus untuk melakukan fungsi unroot. Patut Anda ingat, tidak semua aplikasi kompatibel dengan semua model perangkat. Ada beberapa aplikasi unroot yang tersedia di Google Play Store, dan salah satu yang paling populer adalah Universal Unroot. Aplikasi tersebut amat mudah digunakan, hanya saja ia memiliki beberapa kelemahan. Pertama, ia tidak kompatibel dengan perangkat Samsung dikarenakan komplikasi dari fitur Samsung Knox. Kedua, perangkat LG juga tidak akan bisa di-unroot sempurna gara-gara fitur LG eFuse.

3. Unroot manual melalui file manager
Akses root memang tampak seperti suatu proses yang sangat rumit, dan memang bisa dikatakan demikian, akan tetapi sesungguhnya akses root hanyalah terdiri atas beberapa buah file di dalam perangkat Android Anda. Dengan membuang file-file tersebut, Anda akan bisa melakukan unroot secara manual. Untuk itu, Anda butuh sebuah aplikasi file manager yang memiliki akses root, seperti ES File Explorer (Anda dapat menyalakan akses root di pengaturannya).

Cara Unroot Perangkat Android Dengan Mudah 3

Langkah-langkah untuk unroot manual melalui file manager yakni :
– Buka drive utama perangkat Anda, cari dan buka folder “system”.
– Buka folder “bin”, kemudian hapuslah “busybox” dan “su”. Jika kedua komponen tersebut tidak ada di sana, Anda bisa lanjut ke langkah berikutnya.
– Kembali ke folder “system”, lalu buka folder “app”.
– Hapuslah file “superuser.apk”.
– Restart perangkat Anda. Beres!

4. Unroot dengan menginstal kembali stock firmware
Menginstal kembali stock firmware, yakni firmware yang secara default diberikan dari pihak pabrik untuk perangkat Anda, merupakan cara terbaik untuk unroot perangkat. Cara ini akan secara efektif bekerja untuk semua perangkat, sebab stock firmware telah komplit memiliki semua program yang dibutuhkan untuk smartphone Anda dalam satu paket.

Akan tetapi, perangkat yang berbeda akan memiliki cara instal ulang stock firmware yang berbeda pula. Sehingga, Anda akan perlu melakukan sedikit riset online untuk mencari tahu cara melakukannya di perangkat yang Anda gunakan. Anda akan perlu mengunduh file-file firmware spesifik tertentu, menggunakan USB Debugging, serta program PC tertentu.

Semoga bermanfaat!