Tips & Trik

Cara & Trik Memilih Headphone Atau Earphone

Earphone atau headphone menjadi salah satu perangkat paling wajib jika Anda memiliki smartphone. Apalagi buat pengguna ponsel yang gemar mendengarkan musik. Earphone sebenarnya memiliki fungsi yang sama seperti perangkat sejenis lainnya seperti headset dan hands-free. Penjualan produk earphone sendiri sudah menjamur dipasaran sehingga sangat mudah ditemukan. Hanya saja, yang membedakan satu sama lain ialah kualitasnya tergantung merk serta harga yang ditawarkan.

Cara & Trik Memilih Headphone Atau Earphone

Jika Anda sedang ingin membeli earphone dengan kualitas yang bagus untuk kebutuhan mendengarkan musik favorit Anda, berikut ini kami merangkum beberapa cara dan trik dalam memilih jenis earphone. Adapun cara dan triknya ialah:

1. Mengetahui jenis Earphone terlebih dahulu
Umumnya, earphone terbagi ke dalam dua jenis. Yang pertama ialah IEM atau In-Ear Monitor. Jenis IEM ini menggunakan bahan karet yang membuat Anda merasa nyaman saat menaruhnya ke dalam lubang telinga. Karet earphone tersebut berfungsi sebagai penutup suara dari luar sehingga Anda hanya mendengarkan musik tanpa terganggu oleh suara luar.Jenis earphone kedua yaitu Earbud. Earbud tidak sama seperti IEM yang dapa mencegah suara luar untuk masuk. Hal tersebut dikarenakan bentuk bulat Earbud terbuat dari bahan plastik keras sehingga tidak ada bagian yang bisa menahan masuknya suara luar ke dalam telinga Anda.

2. Memilih bentuk Earphone sesuai selera Anda
Sebelum membeli, pikirkan baik-baik bentuk earphone apa yang akan pilih sesuai selera Anda. Seperti yang diketahui, Anda juga dapat memilih apakah jenis earphone IEM atau Earbud. Bila sudah memilih, silahkan selanjutnya memutuskan dari segi desain, warna dan panjang kabel sesuai keinginan dan kebutuhan.

3. Perhatikan Spesifikasi Earphone
Sama dengan smartphone, earphone juga mempunyai spesifikasi seperti frekuensi, impedance (hambatan) dan sensifitas. Earphone yang memiliki kualitas bagus ditandai dengan frekuensi yang mempunyai rentang frekuensi yang besar. Kemudian pada impedance atau hambatan, semakin besar nilai hambatan belum tentu semakin baik atau sebaliknya. Itu tergantung selera Anda. Namun biasanya earphone memiliki impedance >=32 ohm. Sedangkan sensitivitas earphone berpengaruh pada seberapa besar suara yang dihasilkan. Biasanya ditandai dengan tulisan Sound Pressure Level atau SPL dengan satuan mili watt atau desibel. Sebaiknya Anda memilih sensitivitas yang lebih kecil dari 86 dB.

4. Beli Earphone di toko resmi
Trik yang terakhir, pastinya Anda harus membeli earphone atau headset di toko resmi yang asli dan bergaransi. Biasanya, harga yang sedikit mahal memang menjadi keunggulan pertama kerena memiliki kualitas yang bagus pula. Sebelum fix membeli, sebaiknya Anda mencoba terlebih dahulu earphone tersebut apakah kompatibel dengan smartphone Anda.