Cara Transfer Data ke iPhone Baru Melalui iTunes

Ada 2 cara yang dapat Anda lakukan untuk melakukan transfer data dari iPhone lama ke iPhone baru. Cara pertama adalah melalui backup iCloud dan cara kedua adalah melalui iTunes. Dalam posting kali ini, kita akan membahas secara mendetail tentang cara yang kedua : via iTunes. Cara ini relatif lebih gampang, berlangsung secara lokal dan disukai karena tak semua orang mempercayakan data pribadinya diunggah ke iCloud.

transfer data iphone melalui itunes

Tentu saja, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah Backup data iPhone lama Anda melalui iTunes. Caranya cukup simpel, bahkan tanpa harus colok iPhone ke PC jika Anda memiliki koneksi WiFi, lakukan backup secara menyeluruh melalui iPhone Anda atau via iTunes di PC.

backup data iphone via itunes

Jika sudah, ikuti 8 langkah berikut secara berurutan pada iPhone baru Anda :
1. Hidupkan iPhone, Anda akan melihat layar selamat datang (welcome). Lakukan ‘slide to set up’ seperti yang ada di layar.
2. Pilih bahasa yang Anda inginkan.
3. Pilih negara (Indonesia)
4. Pilih WiFi network. Anda juga dapat menggunakan network kartu seluler Anda jika ingin.
5. Pada Location Services, pilih salah satu yang Anda inginkan.
6. Selanjutnya, tap Restore from iTunes Backup.

transfer data iphone baru
7. Colok iPhone ke PC Anda. Jika Anda tidak terhubung dengan PC yang mengandung iTunes backup, maka secara otomatis iPhone meminta Anda untuk melakukan koneksi.
8. Ikuti step selanjutnya hingga selesai.

Terkadang, seluruh proses memakan waktu yang cukup lama tergantung pada banyaknya apps dan file yang Anda simpan dalam file backup. Pastikan Anda tidak melepas kabel data sebelum seluruh proses selesai dengan sempurna. Ketika proses restore berhasil, iTunes akan memberitahukan Anda melalui layar komputer.

Langkah terakhir adalah memastikan seluruh data termasuk contacts, calendars, photos, dan lain sebagainya sudah masuk ke dalam iPhone baru Anda. Jika sudah lengkap, maka Anda sudah berhasil melakukan transfer data ke iPhone baru Anda.